Minggu, 06/01/2013 10:58 WIB

7 Fakta Kesehatan Menarik tentang Bayam

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Bayam telah lama diyakini sebagai sayuran sehat dan kaya nutrisi, serta memiliki rasa yang bersahabat di lidah hampir setiap orang. Dijadikan sayur bening atau sebagai lalapan rebus, bayam memang sudah cukup akrab sebagai makanan sehari-hari. Tapi apakah Anda sudah tahu fakta kesehatan tentang sayuran ini? Ketahui beberapa fakta menarik seperti yang dikutip dari Care2.

1. Daun
Semakin lebar daunnya, maka semakin matang dan lebih banyak serabutnya yang menandakan kualitasnya lebih baik. Simpanlah bayam di tempat yang cukup sinar karena mengandung lebih banyak nutrisi daripada bayam yang ditempatkan di tempat gelap.

2. Dimasak
Proses pemanasan akan meningkatkan nutrisi dan manfaat bayam bagi tubuh. Satu setengah cangkir bayam yang dimasak akan memberikan Anda nutrisi tiga kali lebih banyak dari satu cangkir bayam mentah. Sebab, tubuh tidak bisa sepenuhnya mencerna nutrisi yang ada pada bayam mentah untuk segera digunakan.

3. Jus Bayam
Sejumlah penelitian menunjukkan, membuatnya jadi jus adalah cara paling sehat untuk mengonsumsi bayam. Blender bayam (yang sudah direbus sebentar) dengan sayuran lainnya atau buah-buahan agar rasanya lebih enak.

4. Oxalic Acid
Senyawa ini akan menghambat penyerapan kalsium dan zat besi jika dikonsumsi dengan cara yang kurang tepat. Oleh karena itu, kombinasikan konsumsi bayam dengan makanan yang kaya vitamin C. Misalnya jeruk atau tomat. Cara lain untuk mengurangi kandungan oxalic acid adalah dengan merebusnya selama dua menit.

5. Nutrisi dalam Bayam Bisa Berkurang Jika...
Ditaruh dalam kulkas atau dibekukan. Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari bayam, belilah di pasar tradisional dalam keadaan segar dan dikonsumsi hari itu juga.

6. Baik untuk Pencernaan
Selain baik untuk mata dan tulang, bayam juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Bayam membantu mengatasi konstipasi dan melindungi mucus (sejenis lendir yang melapisi bagian dalam lambung), yang mencegah Anda dari sakit maag. Sayuran kesukaan Popeye ini juga bisa membersihkan racun-racun dari usus besar.

7. Kulit Sehat
Banyak yang belum tahu kalau bayam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kult. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin dan mineral yang membantu mengatasi kekeringan kulit dan membuat rona kulit lebih bercahaya. Konsumsi bayam secara teratur (tiga kali seminggu) bisa meningkatkan kualitas kesehatan kulit secara signifikan.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com