Jumat, 28/12/2012 17:44 WIB

Resolusi & Tren 2013

Ini Tren Busana Muslim di 2013

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Wolipop
Jakarta - Para perancang busana muslim terus bersaing menciptakan karya terbaik mereka. Desainer melakukan inovasi agar bisa mengikuti tren yang sedang berkembang. Bagaimana tren busana muslim di tahun mendatang?

Ernie Kosasih yang merupakan salah satu desainer anggota Ikatan Perancang Busana Indonesia Jawa Barat (IPBM Jabar) mengatakan, tren busana muslim 2013 lebih bermain dengan warna tapi tetap kelihatan elegan. "(Tren 2013) full color ya kalau warna tapi elegan, seperti yang nanti saya tampilkan full color tapi tetap anggun," ungkap Ernie yang sudah 22 tahun menjadi perancang busana muslim Indonesia. Rancangan terbarunya yang menampilkan gaya busana muslim untuk 2013 dalam fashion show IPBM Jabar di The Trans Luxury Hotel, Bandung belum lama ini.

Desainer lainnya yang juga anggota IPBM, Toera Imara mengungkapkan, perkembangan tren busana muslim tahun depan didasari oleh perkembangan konsep 'virtual deluxe' dalam arti mencari keseimbangan hidup di antara kemewahan, pakaian sehari-hari, serta karya yang sederhana tetapi elegan. Konsep ini diwujudkan dalam busana muslim siap pakai dengan warna-warna terang dan solid. Hampir tidak ada warna pastel dalam koleksi busana muslim 2013.

"Adapun perkembangan warna, (seperti) coklat, emas, sampai warna cerah, hampir tidak ada warna pastel, warna-warnanya kuat lebih solid," jelas Toera kepada wolipop beberapa waktu lalu.

Warna solid tersebut diambil dari warna alam, misalnya merah marun, biru tua, tosca, bronze, dan hijau. Desainer ternama Iva Lativah sekaligus Ketua IPBM Jabar menambahkan warna yang mendominasi busana muslim di tahun 2013 memang warna terang seperti orange.

"Warnanya lebih ke bright ya, lebih ke orange yang cerah-cerah gitu," ujar Iva ketika berbincang dengan wolipop di BoardRoom The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung.

Dalam fashion show yang digelar untuk memeriahkan hari jadi Ikatan Perancang Busana Indonesia Jawa Barat (IPBM Jabar) ke-16, Iva mengusung tema 'A Wonderful Obsession' yang terinspirasi dari kecantikan kebaya Indonesia. Ia menyuguhkan beragam busana muslim yang feminim dan colorful. Ia memilih menggunakan bahan brokat untuk karya terbarunya di 2013.

Selain Iva, karya desainer Ahmad Zaki untuk 2013 disambut positif penonton fashion show IPBM. Permainan cutting yang ditampilkan pada busananya membuat koleksi Zaki tampak berbeda. Ia menggunakan material satin sutra, organdi sutra, dan tafetta sutra. Warna terang tetap menghiasi koleksinya, seperti merah marun, biru tua, tosca, dan bronze.

Yang juga tampak terlihat dari peragaan busana muslim IPBM untuk 2013 ini adalah model baju itu sendiri. Potongan H Line dan A Line mendominasi seluruh karya desainer karena dianggap masih dicintai oleh para penikmat fashion serta pengguna busana muslim.

(aln/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com