Jumat, 28/12/2012 12:08 WIB

Daftar Kosmetik Berbahaya yang Dilarang Edar karena Mengandung Merkuri

Eny Kartikawati - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
Dok. Badan POM
Jakarta - Menjelang akhir tahun, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) mengeluarkan daftar kosmetik yang mengandung berbahaya atau dilarang. Badan POM pun memperingatkan publik untuk tak menggunakan kosmetik-kosmetik itu.

Berdasarkan hasil pengawasan Badan POM di seluruh Indonesia hingga Oktober 2012 ini, ditemukan 48 kosmetik yang memiliki formula membahayakan. Kosmetik-kosmetik tersebut mengandung merkuri atau raksa dan pewarna yang dilarang.

"Untuk itu Badan POM mengeluarkan peringatan publik dengan tujuan agar masyarakat tidak menggunakan kosmetika tersebut karena dapat membahayakan kesehatan," jelas Kepala Badan POM Lucky S. Slamet.

Berdasarkan pengawasan Badan POM sepanjang 2012 ini, bahan berbahaya yang ditemukan dalam puluhan kosmetik tersebut menunjukkan tren serupa dengan tahun-tahun sebelumnya. Kosmetik-kosmetik itu mengandung bahan berbahaya yang banyak digunakan untuk memutihkan kulit.

Seluruh kosmetik terlarang itu pastinya kini telah ditarik dari peredaran dan dimusnahkan. Kasus kosmetik berbahaya ini juga dibawa ke pengadilan. Sayangnya putusan hukum berupa sanksi paling tinggi penjara dua tahun satu bulan ini belum menimbulkan efek jera untuk pelaku tindak pidana di bidang obat dan makanan ini. Oleh karena itulah Badan POM terus melakukan pengawasan setiap tahun dan mengumumkan hasil temuan mereka ke publik.

Berikut ini daftar kosmetik berbahaya yang dilarang edar dari Badan POM:

- Kosmetik Mengandung Bahan Berbahaya Merkuri:Next

Halaman 1 2
(eny/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com