Kamis, 20/12/2012 17:00 WIB

Bimbang untuk Resign dari Kantor? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu

Kellie Karlina - wolipop

Halaman 1 dari 3
img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Bekerja merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, bagaimana jika pekerjaan tersebut tidak lagi dapat mencukupi kebutuhan dan memberikan rasa nyaman? Benarkah berhenti dan pindah dari pekerjaan yang dijalani adalah solusi satu-satunya?

Memang pada dasarnya orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tapi saat ini manusia mencari hal yang lebih dari sekadar pemenuhan kebutuhan finansial, tetapi juga unutk memenuhi aspek-aspek lain dalam kehidupannya, seperti kesehatan, pertemanan dan pencapaian (acheivement).

Kenyataannya banyak karyawan yang dapat mencapai apa yang diinginkan dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Namun banyak juga yang tidak mendapatkan apa yang dicari dan dikejar dalam kehidupan mereka. Untuk kasus seperti ini, memang satu-satunya solusi yang dapat dilakukan adalah dengan berhenti dari pekerjaan yang hanya mampu menghasilkan uang, tapi tidak memberikan kebahagian bagi Anda.

Hierarki Kebutuhan Maslow

Seperti dikutip dari situs Hongkiat, agar dapat membuat keputusan dengan lebih objektif dan kongkrit, sebelumnya ada baiknya kita menyimak teori yang dibuat oleh psikolog, Abraham Maslow mengenai hirarki kebutuhan.

Manusia memiliki motivasi untuk memenuhi kebutuhannya pada tingkatan yang berbeda-beda. Pada tingkatan pertama manusia akan berusaha memenuhi kebutuhan psikologisnya, baru setelah itu rasa aman, rasa cinta dan kasih sayang, self esteem (dihargai), dan yang terakhir aktualisasi diri.

Karena pekerjaan merupakan suatu hal yang signifikan dalam hidup manusia, maka dari itu pikirkanlah bagaimana pekerjaan itu dapat membawa Anda mencapai puncak piramid dari kebutuhan yang dimiliki.Next

Halaman 1 2 3
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eny/rma)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com