Jumat, 14/12/2012 12:09 WIB

Liputan Khusus

Olahraga Naik-Turun Tangga Tak Disarankan untuk Kecilkan Paha & Perut

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Banyak sumber mengatakan latihan naik-turun tangga bagus untuk mengecilkan otot paha dan perut. Namun ternyata kegiatan ini tidak disarankan oleh dokter spesialis olahraga, Michael Triangto. Mengapa?

“Saya paling nggak setuju dengan naik tangga, itu akan merusak lutut. Lututnya akan sakit, silakan bisa lebih kurus habis itu sakit lututnya, nggak bisa bergerak, naik berat badannya,” tandas dokter Michael Triangto, SpOK, yang ditemui oleh wolipop di klinik olahraga, gedung Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jalan Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur , Kamis (13/12/2012).

Ada cara lain yang lebih aman daripada harus naik-turun tangga berulang-ulang. Banyak pilihan lain yang bisa dilakukan, terutama bagi pekerja kantoran. Jalan lurus ke depan hasilnya lebih efektif daripada harus naik-turun tangga.

“Yang jelas lebih banyak jalan kalau di kantor,” saran pria lulusan Spesialis Kedokteran Olahraga di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Ia juga menyarankan agar Anda melakukan gerakan-gerakan yang bisa mengecilkan lemak pada bagian perut, lengan, dan paha. Sebagai contoh, duduk bersandar di kursi kerja Anda dengan meletakkan kedua tangan di samping tubuh. Kemudian angkat lutut Anda ke atas secara perlahan dan lakukan berulang-ulang. Latihan ini bagus untuk membentuk perut.

Sudah pernah mencoba?

(aln/aln)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com