Sabtu, 01/12/2012 11:45 WIB

7 Penyebab Postur Tubuh Tidak Ideal

Karina Mahardi - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Kebanyakan orang mengabaikan tentang pentingnya memiliki postur tubuh yang baik dan ideal. Padahal, selain membuat tampilan fisik kurang menarik, postur tubuh yang tidak sempurna juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Menurut fisioterapis Dr. Tina Mahendrakar, ada beberapa hal yang menyebabkan postur tubuh seseorang tidak sempurna, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Cedera di Masa Lalu
Jika pernah mengalami cedera, seseorang cenderung menggerakkan tubuhnya dengan posisi berbeda untuk menghindari rasa sakit. Padahal, dengan gerakan yang lama-kelamaan menjadi kebiasaan rutin tersebut dapat mengakibatkan cedera di area tubuh yang lain. Perbaiki segera postur tubuh Anda dengan menemui fisioterapis atau ahli fitnes untuk mendapat penanganan yang tepat.

2. Kekurangan Gizi
Tulang punggung membutuhkan nutrisi, kalsium dan vitamin yang cukup agar tumbuh kuat dan lurus. Jika pola makan Anda tidak didukung oleh ketiga hal tersebut, maka tulang dan otot menjadi lemah dan tidak mampu menciptakan bentuk postur yang seharusnya.

3. Warisan Keluarga
Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab bentuk postur yang tidak sempurna. Jika Anda memiliki orangtua atau keluarga yang punggungnya bungkuk, maka cara apapun tidak dapat mencegahnya. Namun, hal tersebut dapat diperbaiki dengan bantuan tenaga profesional.

4. Obesitas
Menurut Dr. Tina, tubuh dengan berat berlebihan dapat menjadi penyebab postur tidak ideal. Banyak wanita yang memiliki ukuran payudara besar postur tubuhnya tidak ideal karena berat payudara yang berlebihan menarik tulang punggung ke depan. Begitu pula mereka yang memiliki kelebihan bobot di perut, maka akan menarik tulang belakang ke arah depan.

5. Kebiasaan
Kadangkala cara berjalan ataupun memegang sesuatu dapat berakibat pada postur tubuh. Misalnya, jika Anda seringkali berjalan sambil menunduk ataupun memposisikan bahu dengan membungkuk maka akan membuat postur tubuh tidak lurus.

6. Pekerjaan
Menurut Dr. Tina, pekerjaan di belakang meja adalah penyebab terbesar kenapa punggung cenderung membungkuk. Ia menyarankan bagi Anda yang memiliki pekerjaan seperti itu, untuk sering-sering menekan leher dan kepala serta menggerakkan bahu agar tulang punggung tetap lurus.

7. Gaya Hidup dan Fashion
Pakaian ketat, ikat pinggang lebar, dan high heels ternyata dapat berpengaruh buruk bagi postur tubuh wanita. Menurut Dr. Tina, busana yang tidak nyaman dapat mengubah posisi Anda di gravitasi bumi sehingga menyiksa tubuh dan mengakibatkan postur menjadi tidak ideal.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com