Minggu, 25/11/2012 12:24 WIB

9 Cara Cerdas Mendaur Ulang Koran Bekas

Karina Mahardi - wolipop
9 Cara Cerdas Mendaur Ulang Koran Bekas dok. Thinkstock
Jakarta - Pemanasan global yang kini mengancam dunia membuat banyak orang enggan melakukan pemborosan kertas. Walaupun banyak gadget yang dapat digunakan sebagai pengganti kertas, namun keberadaan kertas tetap tidak bisa digantikan bagi sebagian orang.

Ketimbang membuang kertas bekas seperti koran, majalah atau file pekerjaan yang sudah tak lagi terpakai, berikut beberapa cara cerdas mendaur ulang kertas seperti dilansir dari Bold Sky.

1. Membersihkan Kaca
Peralatan rumah berbahan kaca paling baik dibersihkan dengan kertas. Kertas surat kabar adalah pembersih terbaik bagi kaca berwarna. Caranya adalah dengan merendam kertas di air lalu bersihkan kaca, terakhir keringkan dengan kain.

2. Penutup Rak
Kertas bekas sangat cocok untuk melindungi rak dari kotoran dan kerusakan. Carilah kertas atau surat kabar bekas untuk menutupi rak buku, sepatu, maupun pakaian agar tetap bersih.

3. Menyerap Air
Tanpa sengaja menumpahkan kopi di meja kerja atau menginjak genangan air lalu sepatu jadi kotor? Bantu hilangkan sisa sia air yang menempel dengan kertas karena diketahui memiliki daya serap tinggi.

4. Dekorasi Rumah
Daripada membuang atau menjual kertas bekas, eksplorasilah kreativitas Anda dengan menciptakan kerajinan tangan dari kertas bekas untuk mendekorasi rumah. Cara membuat berbagai kerajinan dari kertas dapat dipelajari di berbagai buku maupun situs YouTube.

5. Mainan
Kertas dapat dilipat serta dibentuk menjadi pesawat, kapal, dan hewan. Dengan kreativitas tersebut, Anda dapat menyelamatkan bumi sekaligus membahagiakan buah hati.

6. Mengoreksi Make-Up
Terburu-buru berdandan dan tidak sengaja memakai lipstik terlalu tebal? Tekanlah kertas di bibir Anda dan ketebalan lipstik pun dapat berkurang.

7. Menjaga Kesegaran Sayuran
Kesegaran sayuran dapat tetap terjaga dengan dibungkus oleh kertas. Selain sayuran, kertas juga dapat digunakan untuk membungkus roti agar dapat tahan lebih lama.

8. Peralatan Besi
Kertas dapat menyerap embun yang dihasilkan setelah peralatan besi dicuci. Maka itu, kertas adalah alat yang baik untuk mencegah peralatan besi dari karatan.

9. Mempermudah Menanam
Kertas dapat dijadikan pembungkus bibit tanaman sebagai pertanda apakah bibit tersebut berbuah atau tidak. Setelah dibungkus kertas, diamkan selama dua minggu lalu periksa kembali tanaman tersebut.

(eya/eya)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com