Rabu, 21/11/2012 12:02 WIB

Libido Pria Bisa Hilang karena Lilin Wangi & Bon Restoran

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Meskipun gairah bercinta pria cenderung lebih besar dibandingkan wanita, namun pria bisa mengalami penurunan atau hilangnya libido, bahkan disfungsi seksual. Banyak faktor yang bisa membunuh libido pria, dan seringkali itu adalah hal-hal yang aneh dan tidak terduga sebelumnya. Pernahkah Anda mendengar kalau bon pembayaran dan lilin bisa menurunkan gairah seks pasangan? Masih ada enam faktor lagi, seperti dikutip dari Cosmopolitan USA.

1. Minuman Berwarna Neon
Sebuah percobaan pada hewan menunjukkan bahwa bromine vegetable oil, bahan yang umum digunakan pada soda rasa citrus dan minuman berwarna neon, bisa menyebabkan kerusakan pada testis. Bromine juga sering dihubungkan sebagai penyebab impoten dan rendahnya libido pada pria. Jika pasangan Anda penyuka cocktail, martini atau vodka berwarna-warni terang seperti neon, sebaiknya segera kurangi konsumsinya.

2. Licorice
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, para peneliri menemukan bahwa tingkat hormon testosteron (hormon seks) pria menurun secara drastis ketika mengonsumsi suplemen yang mengandung licorice.

3. Jarang Flossing Setelah Sikat Gigi
Menurut Journal of Periodontology, pria yang tidak pernah flossing giginya setelah menyikat berisiko lebih tinggi untuk mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria yang rajin flossing secara rutin.

4. Memegang Bon Pembayaran
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility mengungkap, pria yang terpapar zat kimia bisphenol A (BPA) dalam kadar banyak (biasanya ditemukan dalam urin) memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan pria yang level BPA di dalam sistem cernanya rendah. BPA juga kerap dihubungkan sebagai penyebab disfungsi ereksi dan rendahnya gairah seksual. BPA merupakan zat pelapis kertas pada bon pembayaran di restoran, supermarket maupun toko.

5. Kedelai
Sebuah penelitian dalam jurnal Endokrinologi Molekuler and Cellular menjelaskan bahwa mengonsumsi kacang kedelai untuk jangka panjang, dapat menurunkan jumlah sperma. Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus jantan dan menunjukkan bahwa kedelai yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan 25% sperma dari jumlah normal. Para ilmuwan juga mencatat perubahan dalam gen yang terlibat dalam motilitas sperma pada tikus yang mengonsumsi kedelai.

6. Lilin Wangi
Lilin wangi atau aromaterapi bermanfaat untuk meningkatkan mood dan membuat relaks. Tapi beberapa lilin beraroma justru dapat 'membunuh' libido pria. Pada 2008, Universitas South Carolina State mengadakan tes kualitas udara pada lilin wangi. Mereka menemukan bahwa beberapa produk lilin wangi mengepulkan zat-zat berbahaya ke udara lewat asap hasil pembakaran lilin. Zat tersebut mengandung benzene dan toluene; komponen beracun yang biasa terdapat pada knalpot kendaraan bermotor.

7. Obat Pilek
Kebanyakan obat pilek dan flu yang mengandung zat kimia diphenhydramine atau pseudoephedrine memiliki efek samping yang 'tidak seksi'. Dua zat tersebut diketahui bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan gairah seks jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Saat pasangan terkena pilek atau flu, sebaiknya berikan dulu pengobatan tradisional yang lebih aman sebelum memutuskan mengonsumsi obat medis.

8. Gin & Tonic
Minuman cocktail seperti gin & tonic juga bisa menghilangkan hasrat seks pria. Menurut Institute of Reproductive Medicine di Jerman, quinine --bahan penambah rasa yang umumnya terkandung dalam tonic water-- bisa menyebabkan disfungsi ereksi. Studi lain yang dilakukan di Nigeria juga menunjukkan bahwa quinine berisiko mengurangi level testosteron.

(hst/hst)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com