Rabu, 21/11/2012 10:04 WIB

Terlalu Kurus? Ini 8 Cara Sehat Tambah Berat Badan

Hestianingsih - wolipop
Halaman 1 dari 2
dok. Thinkstock
Jakarta - Masalah berat badan tidak hanya sebatas overweight dan obesitas. Kekurangan berat badan atau terlalu kurus pun bisa disebut sebagai masalah berat badan. Perlu diketahui, tubuh yang terlalu kurus juga berbahaya karena kurang gizi dan nutrisi. Jika berat badan Anda kurang dari ukuran ideal, maka ada baiknya segera menjalani program penambahan berat.

Program menaikkan berat badan bisa dimulai dengan mencukupi asupan kalori. Anda memerlukan kalori lebih daripada yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga berat ideal. Rata-rata wanita memerlukan sekitar 2000 kalori setiap harinya. Lakukanlah diet kaya kalori namun sehat. Sumber kalori sehat berasal dari minyak zaitun, almond, kentang, jagung juga keju. Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dan air.

Ingin badan lebih gemuk, berisi tapi tetap sehat? Ikuti tips diet seperti yang dikutip dari Times of India dan About.

1. Konsumsi Karbohidrat
Tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Jika ingin menaikkan berat badan, Anda harus mengonsumsi cukup karbohidrat. Sumber karbohidrat yang baik berasal dari buah, sayuran dan gandum utuh.

Karbohidrat sehat juga bisa didapat dari nasi merah, roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh. Gandum utuh merupakan sumber serat dan nutrisi. Makanlah saat sarapan atau di sela-sela jam makan sebagai camilan. Tapi pilih yang bebas atau mengandung sedikit gula.

2. Protein
Tubuh Anda perlu protein untuk pembentukan otot, stuktur organ dan menjaga fungsi sistem imun tubuh. Anda perlu cermat memilih sumber protein sehat, misalnya dari daging ikan, ayam dan kacang-kacangan. Boleh saja mengonsumsi daging merah, tapi batasi hanya dua kali seminggu. Pilihlah daging potong segar dan hindari yang olahan seperti sosis, bolognaise, ham, pepperoni atau burger.

3. Lemak
Lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi, menjaga kesehatan rambut, kulit dan fungsi syaraf. Dan, tentu saja, berkontribusi pada penambahan berat badan. Tapi Anda harus cermat, konsumsilah lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh ganda; omega-3 dan omega-6. Next »

Halaman 1 2




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com