Selasa, 13/11/2012 08:05 WIB

Liputan Khusus

Pacaran Beda Usia, Idealnya Terpaut Berapa Tahun?

Arina Yulistara - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
ist.
Jakarta - Menjalin hubungan dengan pria yang berbeda usia jauh jadi pilihan 79% wanita, berdasarkan survei wolipop. Apakah Anda juga tengah menjalaninya? Menurut Zoya Amirin, ada batasan usia yang harus diperhatikan jika ingin hubungan cinta awet.

Psikolog seksual ini menjelaskan perbedaan usia antara pasangan sebaiknya jangan sampai lebih dari 14 tahun. Jika perbedaan usia lebih dari 14 tahun akan terjadi jarak yang cukup besar dan jauh. "14 tahun itu tugas perkembangannya terlalu berbeda sehingga kemungkinan perbedaan yang memicu perceraian juga lebih tinggi," jelas Zoya saat berbincang dengan wolipop di Senayan City, Jakarta Selatan belum lama ini.

Wanita yang meraih gelar master bidang psikologis klinis dari Universitas Indonesia itu mengatakan lagi, bukan berarti semua pasangan yang berbeda usia 14 tahun tidak bisa berhasil dalam menjalani hubungan. Kalaupun berhasil ada berbagai faktor yang mendukung.

"14 tahun itu generasinya jauh berbeda. Pasangan beda usia itu kayak datang ke reunian yang tahunnya beda. Dia lagi sibuk ngomongin Bee Gees, sementara yang satu lagi ngomongin boyband, itu membuat orang susah mau connect," tuturnya.

Selain rentang perbedaan usia, ada banyak faktor lain yang harus diperhatikan jika ingin hubungan beda umur langgeng. Pertama adalah seberapa banyak Anda dan pasangan mau melakukan penyesuaian.

Memang selama ini ada anggapan, hubungan akan jadi lebih menarik ketika pasangan memiliki perbedaan. Tapi menurut Zoya kalau perbedaan itu terlalu banyak, bisa membuat hubungan jadi lebih sulit. Kondisi itu membuat pasangan harus terus melakukan penyesuaian sepanjang usia hubungan mereka.

"Penyesuaian bukan kompromi. Tapi kompromi yang harus ada adjustment-nya. Misalnya komprominya sudah empat, adjustment-nya harus lima," imbuh wanita yang mengisi acara Sexophone di Trans TV itu.Next

Halaman 1 2
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eny/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com