Jumat, 09/11/2012 16:10 WIB

Liputan Khusus

Ini Penyebab & Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Kiki Oktaviani - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Rambut merupakan mahkota wanita yang menjadi kebanggaan tersendiri. Sehingga ketika rambut mengalami kerontokan, tentu membuat wanita khawatir. Kerontokan yang cukup parah biasanya terjadi setelah melahirkan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Selama masa kehamilan, rambut berada dalam kondisi terbaik. Tebal, lebih mudah panjang dan jarang rontok. Hal itu karena kenaikan hormon progesteron yang berpengaruh pada kesehatan kondisi rambut. Akan tetapi keadaan berubah ketika setelah melahirkan.

Selama kehamilan, rambut memang sedang berada dalam kondisi terbaiknya, tebal dan tidak rontok. Hal ini karena terjadinya lonjakan hormon androgen yang memperpanjang fase pertumbuhan rambut.

"Orang saat hamil hormon prosgesteron, hormon kewanitaan lagi tinggi-tingginya, itu yang membuat wanita nyaman banget selama kehamilan. Tapi begitu melahirkan hormon itu menurun dan itu bikin nge-drop. Itulah yang menyebabkan segala macam masalah seperti rambut rontok dan baby blues," tutur dr. Luluk Maya Savira, saat ditemui wolipop di klinik kecantikannya Ammara Health & Beauty Clinic, Bellagio Mall, Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Keadaan rambut yang rontok ketika hamil masih bisa diatasi. Dokter yang akrab disapa Vira itu menyarankan agar lebih banyak minum suplemen dan rajin perawatan rambut dari luar, seperti menggunakan hair tonic serta serum.

"Untuk rambut rontok, makan atau suplemen yang mengandung vitamin E dan menggunakan lidah buaya," ujar Vira.

Jangan terlalu cemas karena kondisi ini termasuk normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Rambut yang rontok usai bersalin pun tidak akan membuat kebotakan karena rambut akan kembali normal setelah tahun pertama bayinya. Kondisi rambut akan kembali normal seperti sebelum hamil setelah 6-12 bulan melahirkan.



Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(kik/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com