Senin, 05/11/2012 09:33 WIB

6 Makanan Rendah Kalori Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menjalani gaya hidup sehat dan sukses menurunkan berat badan sangat tergantung dari kemauan keras Anda untuk mengubah kebiasaan makan tak sehat. Jika selama ini terbiasa mengonsumsi makanan tinggi garam, gula, lemak dan kalori, kini mulailah beralih ke makanan yang lebih sehat dan rendah kalori.

Jika Anda masih bingung mengenali mana makanan yang rendah dan tinggi kalori, mulailah dengan buah dan sayuran segar. Selain dua makanan tersebut, ada empat lagi yang memiliki kandungan kalori sangat rendah, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Rempah-rempah
Segar atau dikeringkan rempah-rempah bisa membantu proses penurunan berat badan Anda. Jadi, lupakan saus dan salad dressing yang tinggi kandungan lemak dan gunakan rempah yang sama lezat dalam rasa namun mengandung kalori yang jauh lebih sedikit. Satu siung bawang putih hanya mengandung empat kalori, namun membuat rasa makanan jadi lebih lezat. Sementara itu daun parsley yang hanya 10 kalori, dan kayu manis yang mengandung enam kalori, bisa menjadikan rasa makanan Anda lebih bervariasi.

2. Buah-buahan
Buah-buahan seperti jeruk, aprikot, semangka, lemon, peach, raspberry, blueberry, stroberi termasuk dalam daftar makanan yang mengandung kalori sedikit. Buah-buahan yang berserat dan megandung banyak air juga seringkali disebut para ahli nutrisi sebagai 'makanan yang mengandung kalori negatif'. Artinya, jumlah kalorinya aman dan bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh dengan cukup. Tidak berlebihan. Buah juga mudah dicerna dan dapat diproses tubuh secara sempurna.

3. Sayuran
Seperti halnya buah yang memiliki 'kadar kalori negatif', banyak jenis sayuran juga rendah kalori namun kaya nutrisi. Misalnya wortel, ketimun, lobak, brokoli, tomat, seledri, selada, kol, daun bawang dan juga bayam. Sayur-sayuran ini membuat usus kita berfungsi dengan baik, serta membantu tubuh menggunakan kalori yang lebih besar daripada yang dimakan. Hal ini membuat bentuk tubuh jadi lebih ideal juga baik untuk proses pencernaan.

4. Keju Rendah Lemak
Diet yang baik dan sehat selalu menganjurkan untuk mengurangi kadar kalori yang dikonsumsi. Maka dari itu, pilihlah makanan yang rendah kalori tapi tetap bergizi dan memiliki rasa yang lezat. Keju cheddar rendah lemak hanya mengandung 20 hingga 40 kalori setiap lembarnya, tergantung pada seberapa besar potongan dan berapa banyak keju yang Anda konsumsi.

5. Putih Telur Rebus
Putih telur merupakan salah satu makanan dengan kadar kalori yang rendah yakni sebesar 16 kalori. Jadi, Anda tetap dapat memakan dua atau lebih putih telur tanpa harus khawatir dengan jumlah kalori yang diasup.

6. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang merah atau kacang polong hanya mengandung 25 kalori dalam setiap penyajian (sekitar 3,5 ons atau setara 98 gram). Jadi jika Anda mengolah dan mengkreasikannya dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal lain, tentunya akan menghasilkan makanan lezat yang rendah kalori.


(hst/rma)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!

Berita Terkait

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com