Rabu, 03/10/2012 08:04 WIB

Sering Merasa Mual di Pagi Hari? Ini Dia Penyebabnya

Eya Ekasari - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Biasanya rasa mual di pagi hari seringkali dikait-kaitkan dengan kehamilan, namun itu hanyalah salah satu penyebabnya. Mual biasanya disertai dengan rasa tidak nafsu makan dan muntah.

Ada beberapa kondisi tubuh dan penyakit yang bisa menyebabkan mual di pagi hari. Seperti yang dikutip dari LiveStrong, berikut ini lima hal yang bisa membuat Anda mual saat bangun tidur.

1. Hormon
Hormon yang tidak stabil dapat mengakibatkan mual di pagi hari. Remaja wanita bisa mengalami mula karena naik turunnya progesteron --hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi--, sedangkan wanita menopouse juga bisa mengalami rasa mual karena progesteron menurun cukup drastis. Selain itu, wanita atau pria yang menderita penyakit addison --penyakit endokrin langka akibat kelenjar adrenalin memproduksi hormon steroid yang tidak cukup-- juga bisa merasakan mual di pagi hari.

2. Sistem Gastrointestinal
Gastrointestinal adalah organ dalam tubuh yang berkaitan dengan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus. Irritable bowel syndrome (IBS), Cyclic vomiting syndrome (CVS), gastroparesis adalah beberapa penyakit penceranaan yang dapat menimbulkan rasa tak nyaman di perut hingga menimbulkan rasa mual. Ketiga penyakit itu hampir selalu disertai dengan rasa mual di pagi hari dan melibatkan mobilitas lambung serta iritasi.

3. Sakit Kepala
Terdapat banyak jenis sakit kepala, namun hanya ada beberapa jenis yang menyebabkan mual di pagi hari. Sakit kepala akibat sinus biasanya juga memproduksi banyak lendir, dan lendir tersebut sering tertelan saat tidur. Inilah yang sering menyebabkan Anda mual di pagi hari. Sakit kepala rebound --sakit kepala yang disebabkan oleh seringnya menggunakan obat sakit kepala-- juga dapat menimbulkan rasa mual. Terakhir, migrain pun dapat membuat orang mulai, walau tidak spesifik hanya di pagi hari.

4. Gagal Ginjal
Ketika ginjal tidak bisa secara maksimal menyaring racung dan asupan yang tak berguna bagi darah, maka inilah yang disebut gagal ginjal. Gagal ginjal disebabkan oleh hipertensi, diabetes mellitus, penyumbatan saluran kemih, kelainan autoimun, kanker, kelainan ginjal, rusaknya sel penyaring pada ginjal. Pengidap penyakit gagal ginjal biasanya ditandai dengan, rasa lemas, tidak ada tenaga, berkurangnya nafsu makan, sesak napas, pucat, mual dan muntah di pagi hari.

5. Kemoterapi
Obat kanker tertentu dapat menyebabkan mual, salah satunya kemoterapi. Biasanya mual seringkali disebabkan karena tubuh tidak terhidrasi. Oleh karena itu, minumlah air minimal 2 liter tiap harinya. Makan makanan kering seperti roti atau biskuit dapat bantu mencegah mual akibat kemoterapi. Selain itu, minuman atau makanan yang mengandung jahe, pepermint dan chamomile juga dapat mengurangi risiko mual pagi hari.

(eya/rma)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com