Selasa, 02/10/2012 18:17 WIB

Ajarkan 7 Hal Ini Sebelum Anak Masuk TK

Arina Yulistara - wolipop
Ajarkan 7 Hal Ini Sebelum Anak Masuk TK dok. Thinkstock
Jakarta - Sebelum anak mulai sekolah di taman kanak-kanak (TK), Anda perlu mengajari si kecil cara beradaptasi di kelas. Tidak hanya bermain dengan lingkungan sekitar, tapi juga menjaga sopan santun selama guru menerangkan. Agar anak mengerti serta menerapkannya saat sekolah, ajarkan tujuh hal ini kepada si kecil.

1. Tetap Duduk & Tidak Berisik

Seperti yang dirangkum dari All Women Stalk, ajari anak Anda tetap duduk dan memperhatikan guru yang sedang berbicara walaupun dia dikelilingi oleh permainan kesukaannya. Persiapkan si kecil agar tidak berisik serta mengganggu teman lain ketika guru sedang menerangkan. Ajak dia ke perpustakaan terdekat untuk membaca buku. Biasakan diri mereka tenang dalam ruangan. Cara ini bisa mengontrol anak supaya tetap menjaga sikap ketika pelajaran dimulai.

2. Mendengarkan Instruksi Guru

Ajarkan anak Anda mendengarkan instruksi dari guru mereka. Tidak hanya duduk diam, tapi mendengarkan perintah dari guru sangatlah penting. Sang buah hati harus bisa melaksanakan tugas dari gurunya tanpa mencela perkataannya. Oleh karena itu, biasakan mereka mendengarkan nasihat Anda dan tidak memotong pembicaraan.

3. Mengikuti Aturan

Mematuhi peraturan mungkin hal yang cukup sulit bagi si kecil saat baru memasuki taman kanak-kanak. Berikan dia dua atau tiga perintah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, seperti menaruh piring kotor ke wastafel, mengelap meja sehabis makan, lalu mencuci tangan hingga bersih. Hal tersebut bisa membuat anak mematuhi peraturan yang ada.

4. Memakai Seragam Sendiri

Sebelum masuk TK, Anda perlu mengajarkan si kecil memakai seragam sendiri. Hal itu untuk membantunya setelah buang air kecil di sekolah atau saat seragam berantakan setelah bermain. Coba latih anak memakai seragam sendiri sebelum berangkat ke sekolah.

5. Mengikat Tali Sepatu

Belikan anak Anda sepatu yang mudah dipakai. Bila ada talinya, ajarkan mereka mnegikat tali sepatu. Cari sepatu bertali yang memang dikhususkan untuk anak seumuran mereka. Cara ini akan memudahkan si kecil jika harus melepas sepatunya di sekolah.

6. Berbagi Sesama

Anda harus melatih anak supaya mau berbagi makanan atau yang lainnya dengan teman sebaya mereka ketika di sekolah. Coba tunjukkan sikap berbagi Anda dengan si kecil saat di rumah. Puji dia kalau mau berbagi juga dengan Anda atau bahkan kakak mereka. Langkah ini untuk melatih dia supaya tidak egois ke depannya.

7. Sopan Santun

Ajari anak sejak dini agar selalu menjaga sopan santun dengan orang-orang di sekitarnya, terutama terhadap orang yang lebih tua. Anak harus tahu kapan dia mengatakan 'tolong' dan 'terima kasih', menunggu giliran mereka, serta memperlakukan orang lain dengan baik.


(eny/eya)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com