Sabtu, 01/09/2012 11:29 WIB

Cara Menghindari & Mengatasi Flu Ketika Hamil

Arina Yulistara - wolipop
Cara Menghindari & Mengatasi Flu Ketika Hamil dok. Thinkstock
Jakarta - Saat masa kehamilan, tubuh wanita lebih rentan akan penyakit. Penyakit umum yang mudah terserang adalah flu. Sedangkan untuk ibu hamil minum obat sebaiknya dihindari, agar tidak terjadi risiko pada perkembangan janin.

Agar terhindar dari penyakit flu ketika hamil, Anda perlu tahu cara menghindarinya. Jika sudah terlanjur terserang, berikut tipsnya, seperti dilansir dari Divine Caroline.

Cara menghindarinya:

1. Suntik Kebal Terhadap Flu
Jika Anda tidak ingin terserang flu saat hamil, datang ke dokter agar diberikan cairan untuk kekebalan tubuh. Hal ini aman dilakukan karena penelitian menunjukkan bahwa cara ini dapat melindungi bayi dalam kandungan Anda dari virus. Tapi sebelumnya, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter apakah cara ini perlu dilakukan.

2. Sering Mencuci Tangan
Virus sangat mudah menempel di tangan. Untuk itu cuci tangan Anda sebelum makan dan setelah berpergian. Tangan yang bersih mencegah penyakit datang ke tubuh Anda. Jangan disepelekan apalagi jika Anda sedang mengandung buah hati tercinta.

3. Jaga Jarak dengan Orang yang Terkena Flu
Bila mengetahui rekan kerja atau anggota keluarga yang ada di rumah terserang flu, sebaiknya jaga jarak dengan mereka. Anda bisa menyarankan orang tersebut untuk menggunakan masker.

Kalau Anda sudah terlanjur terserang flu dan pilek, obati dengan cara di bawah ini:

1. Minum Banyak Air
Ketika hamil, sering-seringlah minum air putih supaya tubuh tetap terhidrasi. Jangan terlalu banyak mengonsumsi jus yang ditambah gula atau soda, yang akan memperburuk kondisi tubuh saat dehidrasi. Air mineral dapat mengobati sakit flu dan pilek.

2. Jangan Sampai Kelaparan
Jangan mengabaikan rasa lapar ketika Anda merasakannya. Anda punya bayi dalam kandungan yang harus diberikan nutrisi agar selalu sehat. Ketika lapar, virus mudah masuk ke dalam tubuh, sehingga Anda sangat rentan mengalami flu. Makanlah makanan yang berkuah, seperti sup agar tubuh tetap hangat.

3. Ekstra Istirahat
Flu memang bukan penyakit yang berat, namun ketika hamil dianjurkan Anda lebih memanjakan tubuh. Ketika sudah terserang flu sebaiknya ambil istirahat di rumah dan absen bekerja. Ekstra istirahat dapat menyembuhkan sakit Anda.

4. Pergi ke Dokter
Bila flu sangat mengganggu Anda, segera konsultasikan kepada dokter kandungan Anda. Nantinya, dokter akan menindaklanjutinya dengan memberikan obat flu khusu ibu hamil.

5. Coba Cara Tradisional
Cobalah perawatan tradisional, seperti berkumur dengan air hangat yang dicampur garam, minum kaldu, atau mandi air hangat. Hal ini bisa membantu mengatasi penyakit tersebut.

6. Hindari Obat Herbal dan Suplemen
Hindari pemakaian obat dan suplemen tanpa sepengetahuan dokter kandungan Anda. Beberapa obat herbal dan vitamin tidak aman bagi wanita hamil. Jika Anda ingin mengonsumsinya, konsultasikan dulu ke dokter.


(kik/kik)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com