Minggu, 19/08/2012 13:01 WIB

9 Hal yang Paling Sering Diributkan Pasangan Saat Libur Lebaran

Arina Yulistara - wolipop
Jakarta - Lebaran merupakan momen yang tepat bagi Anda dan keluarga saling memaafkan dan berbagi kasih. Namun, tidak sedikit pasangan suami-istri yang bertengkar karena hal sepele padahal masih dalam suasana lebaran. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda dan pasangan bisa mengatasi masalah paling sering diributkan ketika sedang liburan.

Ingin tahu apa saja permasalahan yang mungkin muncul ketika Hari Raya? Dikutip dari Your Tango, simaklah sembilan hal yang bisa menyebabkan Anda dan suami bertengar dan cara mengatasinya.

1. Mertua Tidak Suka Masakan Anda
Mungkin Anda sudah berusaha membuat makanan untuk lebaran. Namun sayangnya, mertua tidak menyukai masakan Anda. Hal itu bisa membuat Anda dan orang tua pasangan berselisih. Meskipun suami mencoba membela, tetapi masalah seperti ini bisa menyebabkan pertengkaran.

Untuk menghindari perdebatan tersebut, lebih baik Anda intropeksi diri dan meminta saran suami apa yang harus dilakukan. Jangan sesekali melimpahkan kekesalan Anda dengan pasangan. Coba meminta maaf pada mertua karena tidak bisa menyajikan makanan yang terbaik.

2. Bertengkar karena Uang
Uang merupakan sesuatu yang sensitif. Uang bisa menjadi penyebab pertengkaran jika Anda dan pasangan tidak bisa mengaturnya dengan baik. Maka dari itu, Anda dan pasangan harus membuat anggaran terlebih dahulu untuk memperhitungkan pengeluaran yang akan dihabiskan saat lebaran. Hitung budget membeli bingkisan, biaya mudik, hingga membagikan 'angpau' kepada keluarga besar atau tetangga.

3. Memutuskan untuk Pergi ke Suatu Tempat
Terkadang, keputusan untuk pergi ke suatu tempat bisa menimbulkan perselisihan antara Anda dan pasangan. Sebagai contoh, Anda ingin setelah pergi ke rumah mertua langsung mengunjungi rumah orang tua Anda. Namun, pasangan tidak setuju. Anda pun akan menjadi kesal, yang dapat merusak suasana lebaran.

Agar tidak memicu pertengkaran, sebelum mudik sebaiknya bicarakan dulu rencana Anda, agar mendapatkan solusi terbaik. "Jika Anda serta pasangan masih mempertahankan tradisi keluarga, coba saling memahami keinginan masing-masing supaya mendapat jalan keluarnya," ujar Lisa Steadman, seorang pakar percintaan dari Your Tango.

4. Hadiah Saat Lebaran
Mungkin Anda serta suami sering memberikan surprise berupa bingkisan lebaran ketika Hari Raya. Anda pun telah menyiapkan kado spesial untuk pasangan, begitu juga sebaliknya. Saat lebaran tiba, kado dari pasangan membuat Anda kecewa karena isinya biasa saja.

Untuk mencegah terjadinya keributan, coba hormati apa pun hadiah yang suami berikan. Jika Anda tidak suka, jangan langsung memberitahukannya supaya tidak memperkeruh suasana Hari Kemenangan. Anda bisa memberitahu dia ketika sedang santai setelah lewat lebaran, tapi tetap dengan kalimat yang sopan. Contohnya, 'Aku senang dengan kejutan yang kamu berikan, tapi warna pink tidak sesuai dengan kepribadianku'.

5. Anda Tidak Suka Berada di Tengah Keluarganya
Kalau Anda mempunyai sedikit masalah dengan keluarga besarnya sehingga tidak merasa nyaman ketika berkumpul saat lebaran, hindari melimpahkan kekesalan dengan pasangan. Coba luangkan waktu sendiri untuk intropeksi, lalu berusaha membaur dengan mereka. Jika Anda sudah memberikan yang terbaik, hal itu bisa memperbaiki hubungan Anda dengan keluarga suami.

6. Anak-anak
Tidak sedikit kemungkinan kalau Anda berdua bertengkar karena ulah si kecil. Misalnya, anak Anda bertengkar dengan teman sebayanya sehingga menyebabkan dia menangis terus-menerus. Agar anak mau berhenti menangis, Anda membelikan dia mainan baru atau es krim. Suami tidak suka dengan cara Anda memanjakan anak seperti itu. Hal ini bisa membuat Anda dan suami berdebat. Untuk menjaga suasana keharmoniasan ketika Hari Raya, sebaiknya nasehati sang buah hati secara baik-baik. Minta saran suami jika si kecil tidak mau berhenti merengek.

7. Tradisi Keluarga
Apa Anda memiliki perbedaan tradisi keluarga saat lebaran? Jika iya, coba diskusikan bersama-sama sebelum Idul Fitri. Dapatkan solusi yang terbaik tanpa berdebat untuk membangun kehangatan saat Hari Kemenangan tiba.

8. Tidak Punya Banyak Waktu
Tidak sedikit dari Anda yang berprofesi sebagai karyawan harus kembali bekerja padahal masih dalam nuansa lebaran. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan dengan pasangan, walaupun itu bukan kesalahan Anda. Untuk mengatasinya, rencanakanlah kegiatan kalian sebelum Idul Fitri. Tentukan ke mana saja Anda serta pasangan pergi sebelum masuk kerja. Namun,jika Anda bisa mengambil cuti beberapa hari setelah Hari Raya, itu akan lebih baik.






Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com