Rabu, 15/08/2012 10:01 WIB

Cara Meningkatkan Kepribadian Positif dengan Olahraga

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas yang tidak hanya menjaga ketahanan fisik, tapi juga membuat kepribadian jadi lebih baik dan membantu memelihara kesejahteraan mental. Penelitian telah menunjukkan, dengan bermain tennis, badminton, cricket atau basket akan meningkatkan kemampuan matematis pada anak.

Ini dia manfaat olahraga lainnya dalam membantu Anda mengembangkan diri jadi pribadi yang lebih baik dan menyenangkan, seperti yang dikutip dari iDiva.

1. Olahraga secara teratur membantu mengembangkan kualitas kepemimpinan seseorang sekaligus membangkitkan semangat kerja tim.

2. Olahraga menanamkan rasa berkompetisi dan membantu Anda menghadapi kesuksesan maupun kegagalan dalam hidup dengan pandangan yang positif.

3. Jenis olahraga permainan seperti voli, sepakbola, basket atau lari estafet membantu meningkatkan kemampuan sosial. Artinya, Anda belajar untuk berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi dengan mereka dan berkolaborasi sebagai tim.

4. Mendorong terbentuknya pemikiran kolektif; sekaligus meningkatkan kemampuan perencanaan serta delegasi dalam pengerjaan tugas berkelompok. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk pekerjaan sebagai manajer, supervisor, managing editor atau profesi lain yang memiliki anak buah.

5. Membantu mengeluarkan energi untuk sesuatu yang konstruktif. Olahraga juga membantu mengembangkan pribadi seseorang karena banyak aturan dan ketentuan dalam olahraga yang hampir mirip dengan situasi sebenarnya dalam dunia nyata. Hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri secara signifikan.

6. Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri dan membangun kepercayaan diri. Lewat olahraga, Anda bisa belajar menerima kesuksesan dan kegagalan untuk menjadi orang yang lebih baik lagi di ke depannya nanti.

7. Mereka yang rajin olahraga, umumnya memiliki perencanaan waktu yang baik, karena olahraga menuntut pelakunya bisa mengatur waktu seefisien mungkin. Anda pun jadi lebih menghargai betapa pentingnya setiap detik dalam hidup. Olahraga juga membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk menyiapkan, menjadwalkan dan memprioritaskan segala hal dalam hidup dengan lebih baik.

Bagaimana olahraga memengaruhi kondisi psikologis seseorang?
Olahraga merupakan aktivitas yang menuntut kedisiplinan, ketegasan, kemampuan untuk bekerja secara berkelompok dan keinginan berkompetisi tanpa takut gagal. Karakter yang positif ini bisa membantu seseorang meningkatkan performanya di tempat kerja maupun hubungan interpersonal.

"Memainkan setiap jenis olahraga akan memunculkan sikap kepemimpinan dalam diri seseorang. Anda belajar bagaimana mengatasi tekanan dan tetap menampilkan permainan terbaik apapun kondisinya. Olahraga membuat Anda mengeluarkan seluruh kemampuan diri yang bahkan tidak diketahui sebelumnya ketika diperlukan. Olahraga juga memfasilitasi penemuan jati diri seseorang," urai Dr Shree Advani, seorang psikolog olahraga.

Selain itu, olahraga juga efektif meredakan stres. Setelah berjibaku dengan segudang pekerjaan yang memusingkan atau masalah lainnya, berolahraga bisa menjauhkan Anda dari stres dan membuat mood yang negatif jadi senang. Neurotransmitter yang terdapat dalam sel-sel otak terstimulasi ketika Anda berolahraga dan transmitter ini dipercaya bisa menenangkan mood dan emosi.

(hst/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com