Rabu, 08/08/2012 18:13 WIB

Tips Agar Menjadi Pribadi yang Tegas di Tempat Kerja

Dona Rema - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Kemajuan karir seseorang di kantor tidak hanya ditentukan dari seberapa hebat keterampilannya. Orang yang memiliki kemampuan standar pun juga bisa sukses dalam karirnya.

Yang terpenting adalah bagaimana ia bisa berlaku tegas di tempat ia bekerja. Kesempatan untuk mendapat promosi jabatan atau tampil cemerlang pun jadi bisa Anda raih. Lantas, bagaimanakah caranya? Simak di sini, seperti dikutip dari situs All Women Stalk.

1. Perhatikan Bahasa Tubuh
Ketika berkomunikasi dengan lawan bicara, perhatikanlah bahasa tubuh Anda. Jangan sampai Anda menghindari kontak mata atau membungkuk. Hal ini hanya menunjukkan sisi ketakutan atau ketidakyakinan Anda. Sebab, pribadi yang tegas akan melakukan kontak mata yang intens dan pantas. Jadi mulai saat ini, cobalah untuk sadar dengan segala tindakan yang dilakukan.

2. Terus Berlatih
Jika Anda tidak terbiasa untuk bersikap tegas, sebaiknya lakukanlah latihan secara berkala. Anda bisa mulai berlatih ketika melakukan interaksi sehari-hari atau saat sedang menjalankan tugas. Dengan terus berlatih Anda bisa menjadi pribadi yang lebih tegas.

3. Berpikir Positif
Saat Anda berniat untuk mengerjakan suatu pekerjaan, berpikirlah positif bahwa apa yang dilakukan akan berdampak baik. Dengan berpikir bahwa pekerjaan tersebut bisa terselesaikan dengan tepat waktu, serta dapat meraih kesuksesan atas pekerjaan tersebut, maka secara otomatis Anda akan berlaku tegas dan percaya diri untuk mengerjakannya.

4. Berbicara
Maksud dari berbicara di sini yaitu bagaimana Anda mengkomunikasikan sikap saling menghargai dari dua orang yang bertentangan, serta mencari penyelesaian yang dapat diterima oleh kedua belah pihak. Tentunya Anda harus berbicara dengan yakin, serta teratur dalam menekankan kata-kata kunci. Selalu menawarkan saran perbaikan, buka nasehat atas perintah juga perlu dilakukan.

5. Konsisten
Bersikap tegas berarti konsisten terhadap keputusan yang diambil dan berani menerima konsekuensinya walaupun berat. Hindarilah segala keraguan jika Anda ingin berhasil. Hal-hal yang bisa menjadi penghambat juga perlu Anda singkirkan jauh-jauh.

6. Berani Berkata 'Tidak'
Jika atasan meminta Anda untuk melakukan pekerjaan lainnya, sementara pekerjaan sebelumnya belum terselesaikan, belajarlah untuk menolak tanpa harus bersikap kasar. Selain bisa menjadi lebih fokus dengan tugas yang sedang dikerjakan, ini juga menunjukkan bahwa Anda merupakan karyawan yang tegas dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut.

7. Berkata Jujur
Orang yang tegas akan membuat pernyataan yang jujur, jelas, singkat dan langsung mengarah pada permasalahan. Ketika Anda memiliki partner kerja di dalam ruangan yang sama, lalu ia selalu berbicara tiada henti sehingga mengganggu konsentrasi Anda bekerja, cobalah untuk menegurnya secara halus. Kejujuran Anda terhadap sesuatu dapat memperbaiki situasi menjadi lebih baik. Ini juga membantu agar tidak terjadi kesalahpahaman.

8. Tetapkan Tujuan
Banyak para pekerja tidak memiliki gambaran jelas mengenai apa yang diinginkan untuk masa depan mereka. Jika Anda salah satunya, mulai saat ini belajarlah untuk meluangkan waktu dan memikirkan segala pencapaian yang ingin diraih. Kemudian tetapkanlah apa langkah-langkah yang perlu diambil sehingga Anda memiliki rencana untuk tujuan tersebut.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(rma/fer)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com