Jumat, 03/08/2012 15:41 WIB

Liputan Khusus

Mengundang Tamu Saat Lebaran dengan Tata Rumah yang Tepat

Hestianingsih - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat Islam setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Selain merayakan hari kemenangan, momen ini juga dijadikan kesempatan untuk saling bermaaf-maafan.

Untuk menyambut para tamu yang datang saat bersilaturahmi ke rumah, Anda pun harus menyiapkan segala sesuatu mulai dari sajian makanan sampai menata rumah agar enak dipandang dan membuat orang yang berkunjung betah. Jangan dikira menata rumah untuk Lebaran hal yang mudah, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

1. Ganti Tirai
Ganti tirai lama dengan yang bersih untuk membuat suasana rumah lebih cerah. Usahakan menggunakan warna tirai yang senada dengan sofa, kursi atau keseluruhan tema ruangan. Warna rumah yang senada akan lebih 'mengundang' tamu untuk masuk.

2. Pilih Warna Hangat
Jika ada budget lebih, Anda bisa mengganti kain sofa, tirai, bantal hias dan warna dinding dengan warna hangat seperti oranye muda, kuning, merah bata atau krem. Palet hangat bisa menciptakan kesan ruangan lebih akrab. Jika ingin menyesuaikan tema warna rumah dengan nuansa Idul Fitri yang identik dengan hijau, bisa memilih kombinasi warna hijau dengan kuning, atau hijau dengan oranye yang bisa diterapkan pada aksesori ruangan.

3. Atur Ulang Penataan Rumah
Saat Lebaran, biasanya kita akan kedatangan banyak tamu. Menerima tamu dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan rumah yang berbeda. Atur kursi dan meja sehingga para tamu bisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamu yang datang berbarengan. Jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkan setting ruangan dengan gaya lesehan.

4. Siapkan Kue dan Permen dalam Toples Kecil
Tak perlu menambah jumlah vas bunga demi mempercantik ruangan karena hanya akan membuatnya terlihat lebih sempit. Toples-toples cantik berisikan kue kering yang beraneka ragam pun bisa jadi alternatif dekorasi. Akan lebih menarik jika ukuran toples tidak terlalu besar. Pilih toples yang mungil tapi jumlahnya cukup banyak untuk ditaruh di atas meja. Isi tiap toples dengan jenis kue yang berbeda agar menarik tamu untuk mencobanya. Sebagai variasi, tempatkan juga permen dan cokelat dengan bungkus warna-warni.

5. Bereskan Pernak-pernik
Pajangan atau aksesori ruangan yang berukuran kecil seperti patung meja, patung keramik atau hiasan kayu sebaiknya disingkirkan dari ruang tamu saat Lebaran. Pindahkan ke ruang keluarga, kamar atau simpan di dalam boks untuk sementara. Kenapa? Karena banyaknya orang yang akan berkunjung, otomatis rumah akan terasa lebih sempit. Adanya pernak-pernik berukuran sedang dan kecil akan membatasi ruang gerak Anda dan juga para tamu karena bisa saja tersenggol, jatuh dan pecah atau rusak. Sebaiknya ganti hiasan rumah dengan toples berisi kue.

6. Vas Berisi Bunga Segar
Selain memperindah ruangan, vas berisi bunga-bungaan segar juga bisa berfungsi sebagai pengharum ruangan alami. Pilih bunga yang menebarkan harum menyenangkan seperto sedap malam. anyelir, krisan atau melati. Anda bisa menempatkannya dalam vas biasa, atau dalam satu mangkuk cantik seperti yang ada di tempat spa. Sediakan dua hingga tiga mangkuk dan letakkan di meja di sudut dan tengah ruangan.

(hst/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com