Jumat, 27/07/2012 09:49 WIB

Liputan Khusus

Mukena Dubai, Item Favorit Saat Ini di Tanah Abang

Dona Rema - wolipop

img
ist.
Jakarta - Tidak seperti hari-hari biasanya, pengunjung Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat bertambah hingga 50 persen. Pertambahan pengunjung ini mulai dirasakan para pedagang sejak satu bulan menjelang bulan puasa.

Hal ini juga dirasakan oleh Rusdianto, pemilik toko perlengkapan muslim di Blok A Tanah Abang. Ia mengaku bahwa sudah dari dua bulan sebelum puasa, Tanah Abang penuh dengan para pembeli yang mencari baju-baju untuk Hari Raya Idul Fitri.

"Memiliki toko perlengkapan muslim dampaknya sangat terasa. Penjualan meningkat 30 sampai dengan 40 persen setiap harinya semenjak dua bulan sebelum puasa," papar Rusdianto saat diwawancarai Wolipop via telepon, Kamis (26/7/2012).

Tokonya yang khusus menjual perlengkapan muslim seperti baju koko, mukena, sajadah, busana ihram wanita dan pria, sarung, serta perlengkapan haji lainnya ini buka dari pukul 06.30 - 16.00 WIB. Ragam produknya tersebut dijual sekitar Rp 17 ribu sampai dengan Rp 125 ribuan. Kalau untuk baju muslim wanita yang bahannya dari katun Jepang, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 75 ribuan.

Menurut Rusdianto, mukena dubai saat ini sedang menjadi idola karena materinya yang terbuat dari spandex sehingga nyaman bila dikenakan. Mukena yang memiliki banyak warna tersebut dijual sekitar Rp 185 ribu sampai Rp 200 ribuan.
"Mukena Dubai lagi menjadi incaran para pembeli karena bahannya terbuat spandex jadi 'adem' bila dipakai. Sedangkan untuk fashion wanitanya sendiri masih bermain di kaftan, kalau untuk pria masih baju koko hanya berbeda dimotif dan bordir saja," jelas pria yang sudah berdagang selama 10 tahun di Tanah Abang itu.
Tidak hanya menjual saja, Rusdianto juga mulai mencoba untuk memproduksi sendiri barang-barang yang ia jual, Kaftan misalnya. Kaftan dengan bordir manual yang ia produksi, bisa mencapai 2.000 potong. Namun, fashion item muslim yang ia produksi ini biasanya merupakan pesanan dari pelanggannya di luar daerah.

Pria kelahiran tahun 1963 ini memang memiliki pelanggan dari seluruh Indonesia seperti, Manokwari, Banjarmasin, Lombok, Mataram, Riau, Sulawesi dan kota-kota lainnya. Tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi negara tetangga seperti Malaysia kerap kali berbelanja di toko milik Rusdianto ini.

Barang yang ia jual adalah barang grosiran, maka dari itu kebanyakan pelanggannya adalah para pedagang juga. Beragam produk yang ia jual tersebut, ada yang berasal dari pengrajin di Tasikmalaya dan Bandung. Tapi khusus sarung, ia langsung mencari ke pabrik distributornya.
(rma/kik)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com