Kamis, 26/07/2012 07:59 WIB

Ketidakadilan Pembagian Tugas Rumah Tangga Bisa Hancurkan Pernikahan

Arina Yulistara - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Orang ketiga tidak selamanya menjadi pemicu keretakan rumah tangga. Menurut penelitian, pembagian tugas rumah tangga yang tidak adil bisa menyebabkan hancurnya kehidupan pernikahan.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Sweden's Umea University menyimpulkan bahwa pasangan yang tidak membagi urusan rumah secara sama rata bisa menimbulkan beban atau tekanan pada salah satu pihak, terutama wanita. Hasil penelitian itu didapat dari mempelajari kuesioner yang diisi oleh 723 penduduk di sebuah kota pada tahun 1981-2007. Kuesioner tersebu diisi oleh penduduk yang masih sekolah hingga telah bekerja.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa wanita yang berumur 21 tahun memiliki tingkat psikologis yang sama dengan pria. Mulai dari kegelisahan, gangguan konsentrasi, serta kecemasan. Namun pada usia 42 tahun, tingkat tekanan wanita jauh lebih tinggi dari pria.

Apa penyebab utama wanita tertekan dengan kehidupan rumah tangga?

Wanita yang merasa tertekan dalam pernikahan biasanya disebabkan adanya ketidaksetaraan gender antara dia dengan suami. Mungkin Anda sering mendengar jika pria tugasnya mencari nafkah dan wanita mengurus rumah. Namun setelah menikah, pria dan wanita memiliki kewajiban yang sama untuk mencapai keluarga kecil bahagia sejahtera.

"Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa permasalahan tidak berdasarkan tanggung jawab dalam pekerjaan rumah tangga, tapi juga memperhatikan pembagian tugas yang merata dalam hubungan pernikahan," tutur para peneliti, yang dikutip dari WebMD.

"Wanita yang tertekan adalah wanita yang kurang mendapatkan dukungan dari pasangannya. Hal itu juga terkait dengan pembagian kerja dalam rumah tangga mereka," urai Weber, seorang psikolog serta penulis buku Sex & Intimacy, yang mempunyai praktek pribadi di Washington DC, Amerika.Next

Halaman 1 2
(eya/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com