Senin, 16/07/2012 13:06 WIB

Mau Beli Baju Lebaran? Say Bye Bye To Kaftan

Eya Ekasari - wolipop
Mau Beli Baju Lebaran? Say Bye Bye To Kaftan dok. Detikfoto
Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, banyak wanita yang mulai mencari busana muslim untuk dipakai saat Hari Raya nanti. Jika tahun lalu kaftan menjadi idola, kini para desainer dan pengamat mode mengatakan bahwa kaftan sudah 'out of date'.

Pengamat mode sekaligus perancang busana, Sonny Muchlison mengatakan bahwa kaftan ala Syahrini atau Ashanty sudah tidak lagi menjadi tren. Sebagai alternatif, pria kelahiran14 Oktober 1962 itu, menyarankan agar mengenakan busana muslim yang lebih Indonesia.

"(Kaftan) sama sekali sudah tidak tren sejak saya bikin statement di 2011. Statement saya, 'bedakan yang mana budaya Arab dan yang mana budaya Islam'. Kaftan itu baju asal Mediterania, baju dari Timur Tengah. Carilah baju yang lebih Indonesia. Kita punya tradisi selendang, tradisi sarung, bisa dibikin kayak kaftan tapi lebih Indonesia," ujar Sonny saa diwawancara wolipop, Selasa (10/7/2012).

Hal yang sama juga dituturkan oleh desainer muda Dian Pelangi. Baginya, kaftan dengan detail batu-batuan yang ramai pada bagian dada sudah mulai kurang diminati. Wanita 14 Januari 1991 itu, mengatakan bahwa teknik padu-padan ala hijabers (komunitas pemakai hijab) menjadi tren terkini.

"Kaftan udah enggak (tren), tahun lalu kaftan ada di mana-mana dengan (detail) batu-batu yang ramai banget di dada, warna keemasan, temanya Timur Tengah. Tapi sekarang kaftan sudah mulai kurang yah, malah sekarang lebih ke gaya anak-anak hijabers. Pakai rok, atasannya longgar, kerudungnya di styling kaya gimana-gimana, pakai dalaman ninja, intinya lebih ke gaya anak-anak muda gitu," terang Dian, ketika diwawancara wolipop.

Menurut Dian, pemilihan baju muslim belakangan ini lebih condong kepada permainan padu padan yang berani. Misalnya saja, celana yang dipadu dengan blus turtleneck serta cape berpotongan longgar, atau atasan cardingan panjang yang dipadankan rok lipit panjang.

Untuk warna, Dian mengatakan bahwa busana muslim kini hadir lebih berani. "Berani memadukan warna, ada yang colorful soft ada yang colorful bold. Freestyle saja," tambah Dian. Selain itu, pemakaian kerudung juga ditata sedemikian rupa agar semakin menarik.

Tak jauh berbeda dengan Sonny Muchlison dan Dian Pelangi, desainer busana muslim Merry Pramono juga mengatakan hal yang serupa. Kaftan sudah out of date dan berganti dengan terusan atau atasan berdraperi.

"Kaftan Syahrini sudah tidak tren. Kalau sekarang lebih kepada (busana berteknik) draperi. Kaftan seperti itu sudah out of date, sekarang lebih pada busana yang tabrak-tabrak dan modern, seperti celana palazo atau vest panjang. Mote-mote besar di dada sudah tidak tren, kali ini hanya pada detail busana yang dikasih mote-mote," jelas Merry Pramono ketika ditemui oleh Wolipop saat acara 'Wajah Mode Pasaraya', Selasa (10/7/2012).

Masih tertarik membeli kaftan untuk Lebaran nanti?


(eya/eya)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com