Sabtu, 07/07/2012 13:29 WIB

Koleksi Tenun Ani Yudhoyono Dipamerkan di Senayan City

Eya Ekasari - wolipop

img
dok. Wolipop
Jakarta - Di hari ulang tahunnya yang ke-60, Ani Bambang Yudhoyono menunjukkan kecintaannya pada kain tradisional Tenun. Jumat (6/7/2012), ia meluncurkan buku bertajuk 'Tenunku: Warna-warna Benang Kearifan Nusantara' serta memamerkan sebagian koleksi Tenun miliknya dalam sebuah pameran.

Pameran yang bertajuk 'Pasar Tenun' itu, digelar di pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta. Dalam pameran tersebut, terdapat rangkaian foto karya Ibu Negara yang menceritakan proses pembuatan tenun, lalu adapula busana hasil rancangan desainer Sebastian Gunawan, Ari Seputra, Didi Budiardjo, dan Priyo Oktaviano, yang menggunakan material tenun.

Masing-masing desainer ternama Indonesia itu menggunakan kain tenun dari asal yang berbeda-beda. Sebastian Gunawan menggunakan tenun Garut, Ari Saputra memakai tenun Lombok, Didi Budiardjo menggunakan tenun Sambas, sedangkan Priyo memakai tenun Bali.

Pameran yang diselenggarakan mulai dari 6 hingga 12 Juli 2012 tersebut juga memamerkan berbagai jenis tenun dari hampir seluruh propinsi di Indonesia. Yang tak kalah istimewa, beberapa koleksi tenun milik Ani Yudhoyono pun ikut dipertontonkan. Koleksi tenunnya berasal dari, Sumatra Utara, Lombok, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya menunjukkan keragaman kain tenun Nusantara, pameran 'Pasar Tenun' juga menyediakan tempat berbelanja bagi masyarakat. Pada area terakhir, para pengunjung dapat membeli berbagai jenis tenun, mulai dari tenun Garut hingga tenun Bali.

Pengunjung juga dapat membeli buku karya Ani Yudhoyono yang menceritakan secara kronologis tenun Nusantara serta kehidupan para perajin, lengkap dengan foto-fotonya. Buku yang digarap selama dua tahun oleh istri Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono itu dibuat untuk menunjukkan kecintaanya terhadap seni dan budaya Indonesia.

(eya/eya)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com