Minggu, 24/06/2012 12:54 WIB

5 Tips Mencegah Kram Kaki

Victrin Christy - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Kekakuan pada betis yang lebih dikenal dengan kram biasanya menyerang pada malam hari. Tidak hanya otot yang kaku, kram dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Tegang pada otot tersebut datang secara tiba-tiba, sehingga sering kali mengganggu aktifitas atau istirahat Anda. Simaklah langkah-langkah berikut untuk menghindari kram pada kaki, di lansir dari situs eHow.

1. Banyak Minum Air Putih
Kekurangan cairan dalam tubuh adalah sebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6 – 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kaya akan air seperti sayuran hijau atau semangka.

2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Sepatu High Heels
Mengenaka high heels membuat kaki cepat lelah. Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukan peregangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat.

3. Konsumsi Kalsium dan Kalium
Suplemen kalsium yang banyak dipasaran dapat menjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran seperti kangkung, brokoli, serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat, ikan, unggas dan daging.

4. Olahraga Sebelum Tidur
Melakukan olahraga ringan sebelum tidur dapat merangsang sirkulasi darah, khususnya pada kaki. Berjalan kaki, bersepeda santai atau perenggangan kaki sebelum tidur dapat Anda lakukan agar tidur lebih nyenyak dan terbebas dari kram.

5. Temui Dokter
Salep pereda nyeri otot yang banyak dijual secara bebas tidak bisa meredakan rasa nyeri pada kram yang cukup parah. Buatlah janji dengan dokter untuk pengobatan yang lebih lanjut.

(kik/kik)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com