Senin, 18/06/2012 07:03 WIB

Cara Menghindari Keracunan Makanan

Eya Ekasari - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Keracunan makanan dapat menimbulkan rasa sakit perut parah, mual, muntah, diare dan bisa disertai dengan demam. Penyebab dari keracunan makanan bisa bermacam-macam.

Tapi penyebab paling umum adalah adanya bakteri yang terkandung di dalam makanan akibat makanan tersebut rusak, tidak dimasak dengan benar atau terkontaminasi pestisida. Seperti yang dikutip dari Health, ini dia enam cara menghindari terkena keracunan makanan.

1. Belanja dengan Bijak
Menurut Sarah Klein, staff pengacara untuk Center for Science in the Public Interest (CSPI) --sebuah organisasi advokasi konsumen di Washington, D.C, cara menghindari keracunan makanan dimulai dari saat membelinya. "Pilih makanan dengan sangat hati-hati. Lihat tanggal kadaluawarsa dan apakah perlu disimpan dalam suhu yang tepat," ujar Klein.

2. Cuci dengan Benar
Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur. Jangan lupa juga membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran yang menempel. Gunakan sikat gigi atau sikat yang lembut untuk membersihkan pestisida dari buah dan sayur, serta tetap gunakan air yang mengalir.

3. Pisahkan Makanan Mentah & Matang
Jangan menggunakan talenan yang sama saat memotong daging mentah dan telur rebus yang akan segera Anda persiapkan ke atas piring. Menggunakan alat yang sama akan menyebabkan kontaminasi silang, ini merupakan cara penyebaran bakteri paling mudah. Usai membilas daging mentah, cuci selalu wastafel.

4. Hindari Telur Mentah
Telur mentah seringkali dikaitkan dengan 352 wabah keracunan makanan sejak 1990. Bakteri Salmonella yang terkandung di dalamnya, merupakan salah satu penyebab paling umum dari kearcunan makanan.

5. Perhatikan Temperatur Makanan
Hanya karena kulit ayam panggang berubah menjadi kecoklatan, bukan berarti bagian dalam makanan itu sudah matang sempurna. Yang Anda perlukan adalah mengukur suhunya dengan termometer makanan. Ayam harus mencapai 165 derajat Celcius, sedangkan daging steak 145 derajat Celsius.

6. Ingat Aturan 2-2-4
Gunakan aturan praktis 2-2-4. Jangan taruh makanan di wadah tidak tertutup selama lebih dari 2 jam, dinginkan di dalam kulkas dengan kedalaman kurang dari 2 inci dan bekukan makanan sisa sebelum berumur empat hari. Jika Anda ragu dengan kondisi serta umur makanan, lebih baik segera membuangnya.


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eya/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot