Sabtu, 02/06/2012 13:05 WIB

Kulit Kepala Sering Gatal, Waspada Terkena Penyakit Serius

Alissa Safiera - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
dok. Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang mengalami kulit kepala yang gatal sehingga membuat mereka menggaruknya terus menerus. Hal ini tentu sangat mengganggu penderitanya hingga membuatnya frustasi.

Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah ini, berikut penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi gatal-gatal di kulit kepala, seperti yang dikutip dari Daily Glow.

Penyebab Kulit Kepala Gatal
Ketombe adalah penyebab paling umum kenapa kulit kepala bisa gatal. Menurut Jessica Wu, M.D., asisten profesor dermatologi klinis di University of Southern California Medical School, kondisi medis dari ketombe disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur.
Jamur tersebut biasanya tumbuh ditempat-tempat berambut, seperti alis, atau janggut yang dapat berkembang dengan cepat karena adanya sel kulit mati dan minyak berlebih.

"Untuk mengontrol pertumbuhan ketombe, Anda perlu menghilangkan komponen jamur tanpa membuatnya iritasi berlebih dan kemerahan," kata Ilyse Lefkowicz, MD, seorang dokter kulit untuk Head & Shoulders Amerika Utara.

Untuk kasus ketombe ringan, Wu menyarankan penggunaan shampo yang mengandung selenium, zinc pyrithione, atau tea tree oil. "Jika kulit kepala Anda tidak gatal tapi lebih berkelupas, cobalah shampo dengan salicylic acid untuk mengurangi perkembangan jamur. Untuk kasus yang lebih serius, Anda bisa juga mengkonsumsi pil anti jamur." Jelas Wu.

Penyebab gatal lainnya, bisa jadi karena reaksi alergi dari produk perawatan rambut sehari-hari Anda. Misalnya kebiasaan mengeringkan rambut dengan hair dryer atau alat-alat lain yang memberikan panas pada kulit kepala, atau penggunaan hair spray yang dapat membuat kulit kepala kering dan teriritasi. "Hindari penggunaan hair dryer dengan suhu yang paling panas, khususnya saat rambut Anda masih sangat basah, karena dapat membuat kulit kepala rusak" Tambah Wu.

Melembabkan Kulit Kepala
Selain ketombe, kulit kepala gatal bisa juga disebabkan oleh faktor lingkungan. Lefkowicz menjelaskan, "Faktor lain yang berkontribusi dalam iritasi kulit kepala dikarenakan faktor lingkungan yang dingin dengan kelembaban rendah, dan juga efek dari angin dan matahari."Next

Halaman 1 2
(eya/eya)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


info sale