Jumat, 25/05/2012 10:38 WIB

5 Kiat Sukses Turunkan Berat Badan

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Para ahli nutrisi menyarankan untuk mengurangi porsi makan dan meningkatkan olahraga secara rutin jika seseorang ingin menurunkan berat badan. Namun jika Anda belum berhasil juga, bisa jadi karena pola makan dan mind-set yang belum tepat.

Simaklah lima kebiasaan berikut yang sudah pernah dilakukan para wanita yang telah sukses menyusutkan lingkar pinggang mereka. Seperti yang dikutip dari Health, berikut penjelasannya.

1. Targetkan Secara Spesifik
Ketika ingin diet, jangan hanya punya kemauan menurunkan berat badan. Anda harus punya target yang spesifik, misalnya “Saya ingin turun 10 kg”. Dengan adanya target, otak akan mengarahkan Anda agar benar-benar melakukan usaha yang maksimal. Target tersebut juga bisa menjadi motivasi yang baik bagi diri sendiri.

2. Buat Rencana Agar Tidak Tergoda dengan Makanan ‘Penggemuk’
Kerap kali Anda gagal menyusutkan lingkar pinggang karena tergiur melihat makanan tinggi lemak. Anda sungguh tergoda melihat makanan penutup yang disajikan saat sedang meeting atau makan malam. Untuk itu, sebaiknya membuat rencana terlebih dahulu, misalnya Anda akan memesan kopi setelah makan atau berjanji pada diri sendiri kalau makan di luar bersama rekan kerja, Anda memesan makan salad dan tidak mengonsumsi makanan yang bisa menghancurkan diet. Sebuah studi mengatakan bahwa membuat rencana menjaga makanan selama dua hingga tiga kali bisa menyukseskan program diet.

3. Pantau Kemajuan Anda
Ambil kalender dan lingkari tanggal dimulainya diet sehat. Lakukan saran yang telah diberikan oleh para ahli serta dengarkan pendapat dari kerabat yang berhasil menurunkan berat badan. Setiap seminggu sekali, pantau berat badan, apakah sudah menurun atau belum. Jika sudah, hitunglah waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat Anda. Kalau belum mencapai target, pemantauan bisa memberikan Anda semangat ke depannya.

4. Optimis
Para pelaku diet sering menganggap kalau menurunkan badan sangat sulit. Namun, hal itu bisa memicu Anda menjadi malas berolahraga serta tidak memperhatikan pola makan. Kuncinya hanya percaya dan optimis jika Anda akan berhasil. Setelah menargetkan, atur strategi bagaimana dapat bertahan dan terus melangkah hingga mencapai tujuan. Percayalah, rasa optimis Anda bisa membuat diet menjadi sukses.

5. Tekad yang Kuat
Bila Anda hanya punya rencana tapi tidak ada kemauan, jangan harap bisa berhasil menurunkan berat badan. Kemauan tidak hanya ada di awal, tapi terus meningkat sampai meraih target. Kendalikan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah dan sayuran. Tambahkan olahraga rutin dengan aktivitas fisik yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

(hst/hst)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com