Rabu, 23/05/2012 10:00 WIB

7 Trik Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Berat

Arina Yulistara - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Kelebihan berat badan menjadi masalah bagi sebagian wanita. Para ahli menyarankan agar Anda diet sehat ditambah olahraga yang rutin. Namun, jadwal yang padat seringkali membuat Anda tidak sempat berolahraga.

Ternyata, ada cara menurunkan berat badan tanpa harus latihan maksimal di gym atau pusat kebugaran. Dilansir dari All Women Stalk, simaklah tujuh trik berikut yang bisa mengecilkan lingkar pinggang tanpa olahraga fisik yang terlalu berat.

1. Jangan Makan Sebelum Tidur
Jika Anda ingin diet untuk menurunkan berat badan, hindari makan sebelum tidur. Tidak baik tidur dalam keadaan kenyang yang bisa membuat tubuh semakin menimbun lemak. Sebaiknya makan 2 atau 3 jam sebelum tidur agar makanan yang dikonsumsi bisa diproses terlebih dahulu di dalam tubuh.

2. Ganti Latihan Fisik dengan Aktivitas Sehari-hari
Menurunkan berat badan tanpa olahraga bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan. Anda bisa mengganti latihan fisik dengan kegiatan sehari-hari, misalnya menjemput anak pulang sekolah atau pergi ke kantor berjalan kaki jika jarak rumah cukup dekat. Mengajak anak bermain ke taman seminggu dua kali, serta memilih menggunakan tangga daripada lift ketika di kantor juga merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang bisa membakar kalori.

3. Konsumsi Buah dan Sayuran
Asupan makanan sangat penting diperhatikan ketika sedang diet. Jangan sampai diet Anda menjadi tidak sehat yang bisa membuat tubuh tidak bertenaga. Maka dari itu, jangan pernah mengurangi atau menghilangkan sama sekali asupan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral bahkan lemak. Perbanyak konsumsi buah seperti stroberi, lemon, apel, ketimun, wortel, dan buah atau sayur lainnya yang berwarna-warni.

4. Pijat
Percaya atau tidak, pijatan bisa membantu Anda membakar kalori dan meluruhkan lemak, meskipun tidak terlalu signifikan (diet sehat dan aktif secara fisik tetap jadi faktor penting dalam penurunan berat badan. Selain itu, pijatan juga memperlancar peredaran darah dan mengencangkan kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal, pijat sebaiknya dilakukan di tempat khusus misalnya spa atau klinik kecantikan.

5. Istirahatkan Diri
Kebanyakan wanita yang sedang diet terlalu fokus dengan program penurunan berat badan. Boleh saja fokus, tapi Anda juga butuh istirahat satu hari untuk memanjakan diri. Satu hari itu, Anda bisa makan sepuasnya, apa pun yang diinginkan, misalnya khusus pada hari Minggu. Hal tersebut baik untuk perkembangan program diet ke depannya.

6. Makan dengan Porsi Kecil
Cobalah makan dengan porsi kecil, misalnya Anda menyendok nasi serta daging setengah dari porsi biasanya. Agar tidak terlalu kelihatan sedikit, tambahkan ketimun atau tomat di atas piring supaya kelihatan lebih penuh. Trik ini bisa mengendalikan pikiran Anda agar tidak terbuai dengan kelezatan makanan yang mengandung lemak tinggi.

7. Mengurangi Rasa Lapar dengan Minum
Bagaimana rasa lapar bisa hilang dengan minum? Ketika merasa ingin makan yang banyak karena lapar, Anda dapat mengalihkan rasa tersebut dengan membuat segelas minuman. Anda bisa bikin teh madu hangat atau jus buah yang disukai. Air tidak hanya bisa membantu diet Anda, tapi juga menambahkan cairan, mencerahkan kulit, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Hot Products