Rabu, 16/05/2012 09:45 WIB

5 Makanan yang Efektif Mengontrol Nafsu Makan

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Banyak produk-produk berupa pil, suplemen atau jamu yang diklaim bisa menahan nafsu makan. Namun Anda patut hati-hati karena tidak semuanya aman dikonsumsi. Bahkan ada beberapa yang mengandung zat kimia berbahaya dan belum terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan.

Ditambah lagi, menahan nafsu makan sebenarnya bukan solusi yang tepat untuk melangsingkan tubuh. Ketika obat penahan nafsu makan itu tak dikonsumsi lagi, hasrat makan justru akan lebih besar dari sebelumnya. Daripada mengambil risiko kesehatan karena konsumsi obat yang belum jelas keamanannya, lebih baik mengandalkan bahan-bahan alami yang bisa mengontrol nafsu makan Anda. Seperti dikutip dari Ourvanity, berikut ini lima makanan/minuman yang bisa mencegah Anda makan berlebihan.

1. Alpukat
Buah ini kaya akan serat dan lemak tak jenuh tunggal, menjadikannya penahan nafsu makan alami yang terbaik. Dengan catatan, jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar dan cara yang tepat. Selain itu, lemak yang terkandung di dalam alpukat bisa mengirimkan sinyal ke otak yang memberitahukan bahwa perut Anda sudah kenyang. Namun batasi konsumsinya, maksimal satu butir per hari dan jangan mencampurkan alpukat dengan susu cokelat, gula pasir atau bahan-bahan lainnya.

2. Apel
Makan apel adalah cara yang paling sesuai untuk mengontrol nafsu makan. Buah apel mengandung banyak serat serta rendah karbohidrat yang dipercaya sebagai pengontrol nafsu makan alami. Para nutrisionis merekomendasikan untuk memakan apel langsung tanpa dipotong-potong terlebih dulu. Makan apel dalam bentuk yang masih utuh membuat Anda harus berusaha lebih keras untuk memakan dan mengunyahnya. Otak pun jadi punya lebih banyak waktu untuk menyampaikan tanda bahwa perut sudah penuh. Selain itu, buah dengan tekstur renyah ini juga mampu mengatur kadar glukosa dan meningkatkan level energi.

3. Tofu
Tofu merupakan sumber protein dan mengandung isoflavon yang disebut genistein. Zat ini merupakan penahan nafsu makan alami yang tidak membahayakan, jika dibandingkan dengan pil-pil atau suplemen yang banyak dijual di pasaran. Masukkan tofu ke dalam salad, atau bisa diolah dengan cara dijadikan cah atau dicampur dengan sayur.

4. Teh Hijau
Secangkir teh hijau juga bisa membantu mencegah Anda makan yang berlebihan. Kandungan catechin dalam teh hijau bisa memperlambat proses pembentukan glukosa menjadi sel-sel lemak. Sehingga kadar gula darah pun menurun. Lalu ketika gula darah distabilkan, nafsu makan otomatis terkontrol.

5. Dark Chocolate
Perlu diingat, jenis coklat ini adalah dark chocolate dengan kadar 70 persen bubuk coklat asli, bukan coklat susu atau coklat putih. Dark chocolate merupakan penahan nafsu makan alami. Rasanya yang agak pahit mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh agar nafsu makan bisa terkontrol. Keuntungan lainnya dengan makan dark chocolate, bisa bantu menurunkan berat badan, meningkatkan libido bahkan memperlambat penuaan dini karena kandungan antioksidannya yang tinggi.


(hst/hst)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com