Senin, 07/05/2012 09:17 WIB

Tips Menjaga Kebersihan & Kerapihan Kamar Mandi

Hestianingsih - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Membuat kamar mandi selalu terlihat bersih dan rapi bukanlah tugas yang bisa dibilang mudah. Perangkat mandi seperti sabun, shampo, spons, sikat mudah menjadi berantakan karena seringnya frekuensi orang ke kamar mandi terlebih lagi jika banyak anggota keluarga yang tinggal di rumah.

Di sisi lain, kamar mandi harus dijaga kerapihan, higienitas dan kebersihannya. Hal itu karena kamar mandi merupakan cerminan pribadi pemiliknya. Ini dia beberapa tips mudah membuat kamar mandi terlihat bagus dan rapi, seperti dikutip dari Times of India.

1. Buang yang Tidak Terpakai
Seringkali kita lupa (atau malas) merapikan lemari kaca atau rak kamar mandi sehingga barang yang sudah tak terpakai menumpuk dan membuat berantakan. Sangat penting untuk mengecek dan membuang kemasan produk yang sudah kosong atau kedaluwarsa seperti shampo, sabun cair, sabun pencuci muka, kondisioner, dan sebagainya. Cukup tempatkan produk toilettries yang masih terpakai.

2. Rapikan Kabinet
Bersihkan kabinet kamar mandi Anda dengan membuang barang-barang yang sudah berumur lebih dari setahun. Misalnya saja, hair band, spons, penyikat tubuh, dan aksesori lain harus Anda ganti dengan yang baru tiap satu tahun sekali. Selain menghindari kamar mandi tampak 'kumuh' karena barang yang sudah terlihat usang, juga untuk membuang bakteri yang mungkin bersarang selama berbulan-bulan di benda-benda tersebut.

3. Bersihkan Tempat Sabun
Jika Anda menggunakan sabunm batangan, biasanya menaruhnya di lempengan atau piring khusus. Tempat menaruh sabun itu harus dibersihkan secara teratur, minimal seminggu sekali. Residu sabun yang bertumpuk di tempat itu bisa menjadi sarang kuman dan membuat kamar mandi tak higienis. Cukup bersihkan menggunakan air dan sikat.

4. Ganti Sikat Secara Berkala
Sikat pembersih kamar mandi, sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali. Pemakaian reguler biasanya akan membuat ujung-ujung sikat membengkok dan kurang maksimal saat melakukan pembersihan.

(hst/kik)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com