Selasa, 24/04/2012 15:33 WIB

Liputan Khusus

Berapa Range Harga Berlian Saat Ini?

Eny Kartikawati - wolipop

Halaman 1 dari 2
img
dok. Thinkstock
Jakarta - Harga berlian ditentukan oleh 4C (Clear, Clarity, Cutting, Carat) dan rangka berlian itu sendiri. Semakin sempurna 4C dan rangka berlian, maka akan semakin mahal harga berlian tersebut.

Berikut ini perkiraan harga berlian yang dimuat di situs penjual perhiasan Orori. Daftar harga berlian dibuat dengan kategori sesuai clear, clarity, cutting dan carat berlian tersebut:

- Clarity
Ada institusi yang memberikan sertifikat atas kejernihan atau clarity berlian ini. Institus tersebut adalah The Gemological Institute of America (GIA). Berikut skala kejernihan berlian berdasarkan ukuran GIA:

1. Flawles (tanpa noda)
2. Internal Flawless
3. VVS1
4. VVS2
5. VS1
6. VS2

Menurut situs Orori, untuk berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS1 dan color H, dijual dengan harga Rp 69,5 jutaan. Sedangkan berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS2 dan color H, dijual seharga Rp 101,2 jutaan. Terlihat perbedaan harga berdasarkan kejernihan begitu jauh.

- Color
Sama seperti clarity, untuk menunjukkan kualitas, warna berlian juga memiliki skala. Semakin besar nilai skala warna, semakin rendah harganya. Tingkat warna berlian yang dikembangkan oleh GIA adalah pada kisaran puth (colorless) sampai kuning, yakni D-F colorless (white); G-J hampir tidak berwarna; K-M kekuning-kuningan; N-R kuning sagat terang; S-Z kuning terang.

Di situs Orori, untuk berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS1 dan warna J, dijual dengan harga Rp 86 jutaan. Sedangkan, berlian satu karat dengan skala kejernihan VVS1 dan warna F, bisa didapat seharga 127 jutaan.Next

Halaman 1 2
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eny/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot