Selasa, 24/04/2012 09:54 WIB

Liputan Khusus

Berlian Keluaran Hong Kong Lebih Laris dari Eropa

Eny Kartikawati - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Tertarik membeli berlian? Saat ini perhiasan berlian yang paling laris di pasaran adalah keluaran Hong Kong. Ketimbang yang ditawarkan dari Eropa, perhiasan berlian Hong Kong lebih disukai pembeli. Kenapa?

Salah seorang penjual berlian yang sudah berpengalaman 10 tahun, Indah Ludina, mengatakan berlian keluaran Hong Kong jadi favorit karena variatifnya rangka berlian tersebut. Dengan semakin variatifnya rangka, pembeli bisa memilih banyak model berlian.

"Modelnya sangat variatif. Secara tampilan bagus, nggak kaku. Halus," ujar Indah saat ditemui wolipop di Apartemen Slipi, Jakarta Barat, Senin (23/4/2012).

Untuk batu berlian itu sendiri, sebenarnya yang paling bagus kualitasnya adalah dari Eropa. Pembeli menyukai berlian Eropa karena cutting atau potongannya dilakukan dengan mesin. Mesin yang digunakan pun cukup canggih sehingga berlian tersebut menghasilkan pantulan cahaya yang bagus. Selain dari Eropa, ada juga berlian Afrika, Australia, dan tentunya Indonesia.

Perhiasan berlian keluaran Hong Kong yang disukai pembeli ini mengggunakan batu berlian dari Eropa. "Batu berliannya sih tetap dari Eropa. Karena memang kualitasnya bagus. Tapi mereka merangkai dengan teknik tinggi dan model yang variatif. Jadi harganya lebih mahal dibanding perhiasan keluaran Eropa yang rata-rata modelnya standar. Ngga banyak variasi," jelas Indah lagi.

Selain berlian keluaran Hong Kong, sebenarnya berlian keluaran lokal juga dicari pembeli. Hanya saja berlian keluaran lokal kurang difavoritkan karena rangkanya terbilang masih kalah halus.

Berapa harga berlian dengan rangka Hong Kong ini? "Harganya mulai dari Rp 18 jutaan. Sedangkan berlian fashion dengan rangka lokal bisa Rp 10 jutaan," ungkap Indah.

Rangka juga bisa ikut menentukan harga berlian selain 4C (Color, Clarity, Cut dan Carat). "Karena dari rangka bisa menentukan tampilan keseluruhan. Misalnya berliannya bagus (Eropa) tapi rangkanya lokal, tampilan berlian secara keseluruhan bisa tidak stand out, cahayanya kurang pas," ujar Indah yang jadi langannan artis dan pejabat dalam membeli berlian.


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eny/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot