Selasa, 24/04/2012 09:37 WIB

Liputan Khusus

Supaya Tidak Tertipu Saat Membeli Berlian

Eny Kartikawati - wolipop
Supaya Tidak Tertipu Saat Membeli Berlian Dok. Thinkstock
Jakarta - Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak tertipu saat membeli berlian. Beberapa hal tersebut mulai dari sertifikat berlian hingga di mana sebaiknya membeli berlian.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dalam membeli berlian empat hal yang pertama kali perlu diperhatikan adalah 4 C (Color, Clarity, Cut dan Carat). Semakin tinggi skala dari 4 C tersebut, maka makin tinggi harga berlian.

Ada lembaga yang menentukan skala dari color dan clarity berlian. Lembaga yang paling umum dipakai penjual dan pembeli berlian di seluruh dunia adalah The Gemological Institute of America (GIA). Selain GIA, ada juga lembaga di Indonesia yang bisa mengeluarkan sertifikat untuk berlian tersebut yaitu Adamas Gemological Laboratory of Indonesia (AGL ).

GIA dan AGL biasanya hanya mengeluarkan sertifikat untuk berlian-berlian di atas satu karat. Hal itu karena pembuatan sertifikat cukup mahal. Untuk berlian 1 karat harga sertifikat yang dikeluarkan GIA, sekitar US$ 100. Sedangkan AGL biaya pembuatan sertifikatnya Rp 1 juta.

"Sertifikat yang dikeluarkan AGL ini akan diakui secara internasional, sehingga Anda dapat dengan mudah menjual kembali berlian di mana saja di seluruh dunia dengan menunjukkan bukti sertifikat tersebut," begitu ditulis AGL dalam situs resminya.

Selain keberadaan sertifikat, yang juga perlu Anda cermati saat membeli berlian adalah harganya. Standar harga berlian bisa Anda lihat dalam situs Rapaport. Situs tersebut menyediakan standar harga berlian di seluruh dunia.

Menurut Indah Ludina, salah seorang penjual berlian yang sudah berpengalaman selama 10 tahun, untuk sistem penjualan berlian biasanya berdasarkan satu mata utuh. "Misalnya satu karat utuh harganya Rp 90 juta. Tapi ketika sudah dipecah-pecah menjadi butiran berlian kecil yang jika ditotal satu karat, harganya menjadi lebih murah, misalnya menjadi Rp 60 juta," jelas Indah saat ditemui wolipop di Apartemen Slipi, Jakarta Barat, Senin (23/4/2012).

Di mana sebaiknya membeli berlian? Indah menyarankan jika ingin membeli berlian belilah di tempat yang sudah terpercaya. Sebaiknya juga jangan hanya datang ke satu toko.

"Di Cikini sudah banyak toko yang bagus. Tapi masih banyak yang rangka lokal. Kalau mau di mall, di Taman Anggrek dan Plaza Senayan," jelasnya.

(eny/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com