Jumat, 13/04/2012 06:53 WIB

7 Alasan Air Putih Penting untuk Turunkan Berat Badan

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Air putih sering disebut-sebut sebagai 'cairan ajaib' yang bisa membantu menurunkan berat badan. Salah satu penjelasan logisnya, karena air memberikan efek perut terasa penuh dan kenyang, sehingga hasrat makan pun berkurang. Tapi tak hanya itu saja, ini dia beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan asupan air yang cukup agar mendapatkan tubuh langsing dan ideal seperti yang dikutip dari All Women Stalk.

1. Menahan Nafsu Makan
Orang yang banyak minum air terbukti lebih jarang merasakan lapar yang berlebihan. Sebab itu, air putih menjadi substansi yang paling ideal untuk menahan rasa lapar. Jadi ketika Anda merasa lapar, jangan langsung memenuhi mulut dengan makanan. Cobalah minum segelas air putih terlebih dahulu. Jika perut terasa kenyang, itu berarti Anda hanya haus atau dehidrasi, bukan lapar makanan.

2. Mengurangi Kolesterol
Air putih memberikan dampak yang cukup signifikan dalam proses pengurangan kolesterol. Minum cukup air putih, bisa membantu mengurangi kadar kolesterol karena sifatnya yang meluruhkan racun-racun dari tubuh dengan mengeluarkannya lewat urin. Hal tersebut akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Membantu Membentuk Otot
Jika otot Anda kekurangan cairan, maka jangan harap otot bisa terbentuk dengan sempurna, sekeras apapun olahraga yang Anda lakukan. Saat berolahraga, tingkatkan asupan air dan Anda akan melihat perbedaannya dengan cepat.

4. Penting untuk Kelancaran Sistem Pencernaan
Anda tentunya tahu, jika pencernaan lancar otomatis perut akan merasa nyaman dan ramping. Sebab itu, sistem pencernaan memerlukan jumlah air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Kekurangan cairan akan membuat Anda merasa bengkak, perut kembung dan lebih mudah lelah.

5. Meningkatkan Fungsi Hati
Hati atau liver berfungsi memetabolisasi lemak (mengatur pelepasan dan penggunaan lemak dalam tubuh), dan itu sangat penting jika Anda ingin mengurangi berat badan. Agar fungsi hati bekerja dengan baik, Anda memerlukan asupan air yang cukup. Jika kekurangan air, hati hanya akan menimbun lemak.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, misalnya susah buang air besar, cobahlah minum beberapa gelas air lebih banyak dari biasanya. Air biasanya menjadi obat alami yang mujarab untuk melancarkan pencernaan.

7. Jumlah Air yang Cukup Bisa Mencegah Penumpukan Cairan
Saat kekurangan cairan, tubuh akan menahan air agar tidak terjadi dehidrasi. Jika kebiasaan malas minum air dipertahankan terus-menerus, maka akan terjadi penumpukan cairan yang akan menambah berat badan dan membuat Anda terlihat lebih gemuk dan bengkak.

Tips: Para ahli merekomendasikan Anda minum sedikitnya 2,2 liter air per hari, dan bisa lebih banyak bagi wanita yang punya gaya hidup aktif (bekerja, olahraga atau banyak bergerak). Jumlah itu setara dengan 9 gelas air.

(hst/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com