Senin, 09/04/2012 20:05 WIB

Mitos Tentang Seks Setelah Pesta Pernikahan

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta -
Banyak anggapan bahwa setiap pasangan pasti akan merasakan seks yang luar biasa di malam pernikahan. Alhasil timbul mitos yang menyebutkan bahwa pasangan menikah harus bercinta segera setelah perayaan pernikahan demi kesempurnaan hari bahagia tersebut. Nyatanya, malam pertama tidak harus terjadi hari itu juga.

"Asumsi ini sangat kuno," ujar Pepper Schwartz, Ph.D., seorang profesor sosiologi di University of Washington, seperti dilansir Shape.

Pepper menuturkan, banyak pasangan justru terlalu lelah dan tidak punya energi untuk bercinta setelah pesta perayaan pernikahan mereka. Stamina mereka telah terkuras untuk menyalami para tamu dan memastikan acara berjalan dengan sempurna.

Hal terakhir yang mereka pikirkan setelah seharian melangsungkan pernikahan adalah berhubungan seks. Biasanya mereka lebih memilih melepas baju pengantin, membersihkan make-up, mandi dan terlelap tidur. Meskipun terbilang jarang, beberapa pasangan bahkan ada yang menunda berhubungan seks beberapa hari setelah menikah.

"Anda belum tahu banyak mengenai bentuk tubuh pasangan masing-masing, Anda pun jadi sedikit canggung (saat berhubungan seks pertama kali)," tutur penulis buku 'Everything You Know About Love and Sex Is Wrong'.

Ditambah lagi, kelelahan fisik maupun mental yang dialami pasangan selama gelaran pesta pernikahan, bisa membuat malam pertama yang harusnya menyenangkan justru jadi berkurang kenikmatannya. Sebenarnya tidak ada keharusan apakah pasangan harus bercinta di malam setelah pernikahannya, demi membuat hari istimewa itu jadi semakin sempurna. Pepper menambahkan, hari pernikahan seharusnya fokus kepada upacara atau akad nikah dan komitmen yang telah Anda berdua buat.

"Anda tidak harus langsung melakukan hubungan seks untuk membuatnya (hari pernikahan) lebih berkesan," tambah Pepper.

Tapi bila Anda ingin seks menjadi bagian di momen penting tersebut, maka rencanakan sejak jauh-jauh hari agar semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan yang diinginkan. Sama seperti ketika Anda menentukan hari pernikahan, berapa jumlah undangan, katering, musik dan bulan madu, Anda dan pasangan harus membicarakan apa saja yang diharapkan akan terjadi di malam pengantin.

"Buat kesepakatan kalau Anda berdua tak akan berpesta sampai malam atau minum alkohol terlalu banyak," saran Rita DeMaria, Ph.D., direktur edukasi percintaan di The Council for Relationships di Philadelphia.

Jadi, bila Anda merencanakan 'malam pertama' tepat di hari pernikahan, jagalah stamina dengan baik. Hindari bergadang di hari sebelum pernikahan dan persiapkan mood dengan baik. Yang perlu diingat, seks bukanlah hal utama di hari pernikahan, tapi lebih kepada komitmen seumur hidup untuk menjaga rumah tangga langgeng dan harmonis seterusnya.


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/fer)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com