Kamis, 29/03/2012 12:11 WIB

8 Tanda Suami yang Suka Menyiksa Secara Mental

Eny Kartikawati - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Pernikahan yang sehat seharusnya membuat suami-istri bahagia. Namun kalau istri ternyata merasa tersiksa secara mental, tentunya tidak baik. Waspadai tanda-tanda suami yang suka memberikan siksaan mental pada istrinya, seperti dipaparkan Health Central

1. Menjauhkan Istri dari Keluarga dan Temannya
Pasangan yang suka menyiksa secara emosional ingin Anda hanya untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu dia akan melakukan berbagai cara agar keinginannya terwujud. Pria tersebut tidak mau mengerti kalau Anda punya kehidupan di luar pernikahan, yaitu hubungan dengan teman dan keluarga.

2. Suka Mengucapkan Kata-kata yang Menyakitkan
Kalau dia suka memanggil Anda dengan panggilan yang terkesan melecehkan, meskipun itu menurutnya bercanda, ucapan tersebut memang bermaksud untuk menyakiti Anda. Pasangan yang suka melakukan kekerasan psikis juga kerap menyalahkan istrinya atas hal apapun. Ketika hal itu terjadi dan Anda merasa sedih, dia akan bilang kalau Anda terlalu sensitif. Pasangan tipe ini selalu berusaha kalau apa yang dilakukannya itu adalah hal normal dan yang bermasalah adalah istrinya.

3. Suka Menyalahkan
Kalau pasangan suka menyalahkan orang lain atas berbagai hal, terutama menyalahkan Anda, ini adalah salah satu tanda buruk. Apalagi jika dia juga selalu meluapkan kemarahannya pada Anda. Tentunya kalau terus-menerus terjadi, hubungan pernikahan Anda tidak sehat karena pasangan tak pernah bertanggungjawab atau perbuatannya dan mengakui kesalahannya.

4. Membuat Anda Selalu Takut atau Khawatir
Ketika Anda selalu merasa takut atau khawatir saat bersama pasangan, berarti ada yang salah dengan hubungan pernikahan tersebut. Pasangan yang suka menyiksa secara mental akan mencoba mengintimidasi istrinya dengan kekerasaan, kekuasaan atau dominasi.

5. Memperlakukan Istri Seperti Pelayan
Suami yang suka menyiksa secara emosional dalam menjalani kehidupannya ingin diperlakukan bak keluarga kerajaan. Dia selalu ingin dilayani. Pria tipe ini selalu berharap istrinya melakukan segalanya untuknya dan dia sama sekali tidak membantu.

6. Memberikan Hukuman Saat Istri Pergi Sendirian
Jika Anda berpergian ke suatu tempat atau melakukan suatu hal tanpanya, pasangan yang suka menyiksa secara psikis akan memberikan hukuman pada Anda. Hal itu karena keinginannya untuk membuat Anda terisolasi. Dia hanya mau istrinya untuk dirinya sendiri. Pria tipe ini bisa melakukan hal apapun, mulai dari berteriak, melakukan kekerasan atau mengancam hanya karena Anda tidak pergi bersamanya.

7. Sangat Cemburuan
Pria yang suka menyiksa secara emosional tidak hanya mencemburui kedekatan Anda dengan pria lain. Dia akan mencemburui siapapun yang dekat dengan istrinya. Dia juga cemburu pada tujuan hidup dan impian Anda. Kecemburuannya benar-benar sudah berlebihan karena merasa seharusnya hidup Anda hanya untuknya.

8. Mengontrol Anda Melalui Emosinya
Suami yang suka menyiksa secara emosional suka melakukan tindakan manipulatif. Dia akan mengancam meninggalkan Anda dan menghukum secara emosional ketika Anda tidak sejalan dengan pendapatnya. Pria tipe ini akan membuat Anda merasa bersalah kapanpun Anda mengatakan hal yang menurut Anda benar. Mereka juga bisa terkesan seperti orang yang pemaaf dan penyayang, meski kerap melakukan tindakan yang menyakitkan. Begitulah caranya memainkan emosi pasangannya.


(eny/eny)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com