Kamis, 01/03/2012 17:38 WIB

7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Arina Yulistara - Wolipop
7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata dok. Thinkstock
Jakarta - World Health Organization (WHO) memperkirakan terdapat 45 juta penderita kebutaan di dunia dan sepertiganya berada di Asia Tenggara. Selain itu, diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit. Sedangkan di Indonesia, diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran menjaga kondisi mata.

Mata yang kurang sehat akan membuat Anda mengalami sakit ringan seperti gangguan konsentrasi, sakit kepala, atau masalah penglihatan. Jangan biarkan hal ini terus-menerus terjadi karena akan memperburuk keadaan mata. Untuk itu, simak tujuh langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mata, seperti yang dikutip dari Times of India.

1. Diet yang Seimbang
Untukdapatkan mata yang sehat, lakukanlah program penurunan berat badan dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Perbanyak memakan makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E karenadapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, ikan salmon juga memberikan efek yang baik untuk mata.

2. Hindari Kebiasaan Hidup Buruk
Hindari minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Para ahli mengatakan, merokok bisa menyebabkan katarak, degenerasi makula (hilangnya ketajaman penglihatan), dan kerusakan saraf pada mata. Banyak minum minuman beralkohol bisa menyebabkan reaksi pupil jadi tidak stabil, pandangan kabur hingga rabun mata.

3. Rutin Melakukan Pemeriksaan Mata
Tidak hanya kondisi tubuh yang rutin Anda periksa, tapi mata juga penting untuk diperhatikan. Seringkali Anda tidak menyadari bahwa stres karena pekerjaan bisa juga dampak dari mata yang tidak sehat. Maka dari itu, periksalah mata secara rutin agar terhindar dari penyakit yang mungkin menyerang mata.

4. Senam Mata
Buka lebar-lebar kedua mata Anda. Kemudian, putar bola mata ke atas, bawah, kiri, dan kanan selama dua detik dan tutup mata secara perlahan. Ulangi beberapa kali saat Anda sedang santai. Hal ini akan mengurangi dampak mata stres karena radiasi sinar matahari atau komputer.

5. Mengetahui Sejarah Mata dalam Keluarga
Besar kemungkinan, penyakit mata terjadi karena keturunan. Oleh karena itu, mengetahui sejaran mata dalam keluarga adalah hal penting. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mencegah agar penyakit mata turunan dengan mengkonsultasikannya pada dokter atau memulai kebiasaan hidup sehat.

6. Pakai Pelindung Mata
Kacamata bisa dipakai untuk melindungi mata dari sinar matahari atau debu saat berolahraga atau aktivitas lainnya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga tertentu untuk menghindari terjadinya cedera mata. Jadi, hindari memilih sunglasses hanya karena gaya.

7. Istirahat yang Cukup
Sama seperti tubuh, mata juga butuh istirahat yang cukup. Menahan diri untuk tidak menonton televisi terlalu lama, atau berjam-jam di depan komputer padahal tidak sedang bekerja. Dengan begitu, mata Anda tidak kelelahan serta mendapatkan istirahat yang cukup.

(eya/eya)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177