Selasa, 28/02/2012 16:10 WIB

Ayo, Mulai Kelola Keuangan untuk Masa Pensiun

Dona Rema - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Banyak pakar keuangan mengatakan, Anda membutuhkan sekitar 80 persen dari penghasilan saat ini untuk mempertahankan standar hidup di masa pensiun yang akan datang. Namun bagi kebanyakan orang, menyisihkan 80 persen untuk dana pensiun dirasa cukup berat karena mereka juga harus memenuhi kebutuhan di masa sekarang.

Apakah Anda sudah mendekati masa pensiun atau baru mulai berpikir tentang apa yang terjadi ketika Anda berhenti bekerja? Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar kesejahteraan Anda terjamin dan bisa hidup tenang di masa pensiun nanti, seperti dilansir oleh eHow.

1. Memeriksa Perputaran Uang
Untuk dapat mengatur keuangan dengan baik, sebaiknya selalu memeriksa keluar-masuknya keuangan Anda. Dengan begitu Anda dapat mengetahui berapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan selama ini dan untuk apa saja. Membuat kas keuangan bisa dilakukan dengan cara yang mudah, misalnya di buku catatan atau notes pada ponsel Anda.

2. Membuat Anggaran
Setelah melacak pengeluaran selama satu bulan dan sebelum memasuki masa pensiun, putuskanlah berapa banyak uang yang Anda miliki tiap bulannya untuk dibelanjakan. Hal ini sangat membantu untuk menuliskan tujuan Anda ke depannya, sehingga Anda ingat mengapa perlu berhati-hati untuk mengeluarkan uang.

3. Ditabung
Jika masih bekerja, sebaiknya tabunglah uang di bank. Jangan sampai Anda membawa pulang semua uang Anda ke rumah, karena akan membuat Anda lebih boros. Jika uang tersebut untuk masa pensiun, simpanlah sebagian besar uang dengan berinvestasi. Dengan begitu Anda akan sulit mengeluarkan uang dan berpikir dua kali untuk berbelanja hal yang tidak penting.

4. Analisis Belanjaan Anda
Sebelum membeli sesuatu ada baiknya jika memikirkan terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar penting. Jika barang tersebut ingin dibeli hanya berdasarkan keinginan, maka batalkan niat Anda. Prioritaskan segala perlengkapan yang memang dibutuhkan. Mempertimbangkan biaya juga perlu dan pastikan Anda melakukan pembelian yang sesuai dengan rencana jangka panjang dan benar-benar meningkatkan kualitas hidup.

5. Investasikan Tabungan
Untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman di saat Anda sudah pensiun dan tidak berpenghasilan lagi, salah satunya yaitu dengan berinvestasi. Jika Anda berpikir ke depan mulai dari awal, maka Anda dapat menikmati masa tua Anda nantinya dengan kenyamanan. Simak juga tips sebelum mulai berinvestasi di sini.


(rma/hst)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com