Selasa, 28/02/2012 10:19 WIB

Tips Kembali Langsing Pasca Melahirkan

Arina Yulistara - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Kebanyakan ibu bingung memilih langkah yang tepat untuk menyusutkan ukuran lingkar pinggang mereka pasca melahirkan. Tak jarang pula mereka melakukan diet yang bisa membahayakan kesehatan. Setelah melahirkan dan menyusui, para ibu diharuskan menjaga asupan nutrisi demi kesehatan ibu maupun bayi.

"Banyak survei telah menunjukan bahwa wanita yang mempertahankan berat badan mereka setelah kehamilan justru akan membuat mereka semakin gemuk. Usaha tersebut juga memiliki risiko kesehatan, seperti diabetes atau jantung," kata Prof Raul Artal, MD, ketua Bidang Obstetri Ginekologi dan Kesehatan Perempuan di Saint Louis University Medical School.

Sebenarnya ada cara sehat yang bisa membuat Anda kembali langsing setelah melahirkan. Menariknya, tidak harus selalu dilakukan dengan olahraga atau diet ketat, melainkan dengan cara-cara berikut yang dikutip dari Times of India.

1. Menyusui
Banyak mitos menyebutkan, ibu yang menyusui akan membuat payudara turun atau meninggalkan tanda guratan. Namun hal ini tidak benar, menyusui adalah cara yang mudah dan sehat untuk menurunkan berat badan.

“Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk bayi yang baru lahir, tetapi juga untuk sang ibu. Wanita yang sedang menyusui bisa membakar sekitar 600 kalori per hari,” tutur Dr Raul Artal. Jumlah kalori yang berkurang sama saja kalau Anda bersepeda selama satu jam.

2. Banyak Minum Air Mineral
Air putih dipercaya bagus untuk kesehatan. Selain menyegarkan, air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Jika urin Anda berwarna kuning, berarti Anda kurang mengonsumsi air putih. Untuk itu, minumlah paling sedikit 10 hingga 12 gelas air per hari. Air putih juga membantu Anda mengurangi berat badan karena membuat perut terasa penuh sehingga hasrat makan lebih terkontrol.

3. Banyak Konsumsi Buah dan Sayuran
Anda merupakan seorang ibu yang baru melahirkan dan butuh asupan gizi tinggi untuk menyusui. Oleh karena itu, siasati diet Anda dengan banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan agar si kecil juga sehat. Atur pola makan menjadi seimbang, seperti daging yang tidak mengandung lemak, ikan, dan makanan rendah lemak.

4. Beraktivitas dengan Bayi
Ini adalah cara yang menyenangkan. Anda dapat membakar kalori dengan bermain dengan si buah hati. Ajak bayi Anda berjalan-jalan dengan stroller pada pagi dan sore hari, atau menggendong si kecil ketika pagi hari sambil menjemurnya supaya bayi juga sehat.

5. Makan yang Cukup
Ingat, Anda sedang menyusui dan butuh asupan nutrisi yang banyak untuk bayi. Lebih baik makan tiga kali sehari dengan menu yang seimbang daripada makan sekali sehari, tapi dengan makanan yang manis atau kurang menyehatkan seperti cokelat, keripik atau gorengan.

6. Mengikuti Kelas Perawatan Pasca Melahirkan
Cari tahu di mana tempat yang mengadakan kelas postnatal treatment di sekitar rumah Anda. Cara ini bagus untuk menghilangkan lemak di dalam tubuh. Selain itu, Anda dapat berbagi cerita dengan ibu-ibu yang lain seputar diet setelah melahirkan dan lainnya yang dapat membantu Anda mengurus anak.

Jika Anda tidak dapat bergabung dalam postnatal treatment karena jarak yang jauh dari tempat tinggal atau tidak diizinkan oleh suami, Anda bisa menjadikan olahraga sebagai alternatif. Berjalan kaki setiap pagi hari atau bersepeda minimal satu jam sehari. Lalu, bisa juga diskusi dengan teman Anda yang sudah pernah melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan.

(hst/hst)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com