Senin, 20/02/2012 10:11 WIB

6 Tips Berbelanja di Pasar Asemka

Dona Rema - wolipop

img
dok. wolipop
Jakarta - Jika berniat datang untuk belanja di Pasar Asemka, tentunya Anda sudah mengetahui bahwa kebanyakan harga berbagai macam barang dijual dengan harga murah. Menariknya, harga yang diberikan masih bisa ditawar lagi.

Beragam aksesori, souvenir nikah, boneka dan sebagainya di Pasar Asemka ini biasanya tampak berbeda dari yang biasanya dijual di mal atau toko lainnya. Sebelumnya, Wolipop pernah menulis artikel tentang Pasar Asemka dan tempat belanja murah di Pasar Asemka.

Ada trik dan tips tersendiri saat berbelanja di Pasar Asemka. Terutama bagi yang belum terbiasa berbelanja di sana, berikut enam tips yang patut diperhatikan agar dapat berebalanja dengan puas dan nyaman.

1. Cari Informasi
Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi Pasar Asemka, sebaiknya mencari informasi lebih. Bisa melalui review di internet atau cerita kerabat yang sudah pernah berkunjung. Hal ini penting agar Anda tidak bingung saat berbelanja dan dapat mengetahui kisaran harga barang yang ingin dibeli. Dengan begitu Anda pun dapat mengetahui patokan harga yang ingin ditawar.

2. Tempat Parkir Kendaraan Pribadi
Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat memarkirkan kendaraan di sekeliling area pasar. Walau ada petugas parkir yang menjaga, area parkir terbilang sangat ramai. Sebaiknya, kunci kendaraan dengan baik, serta hindari membawa barang berharga dan menaruhnya di dalam mobil.

3. Datang dari Pagi
Pasar Asemka ini dibuka dari pukul 09.00 pagi. Jadi, tak ada salahnya datang sesuai jam buka agar Anda puas mengitari dan berbelanja di area Pasar Asemka.

4. Membawa Uang Tunai
Hindari membawa uang berlebihan. Sebaiknya tulis daftar barang belanjaan dan bawa uang sesuai dengan harga perkiraan. Selain menghindari hal-hal yang tidak mengenakan seperti copet, Anda juga terhindar dari kebiasaan boros.

5. Lihat Situasi dan Kondisi Pasar
Berkelilinglah terlebih dahulu ke beberapa tempat di Pasar Asemka sebelum memutuskan untuk membeli barang. Bandingkan harga dan kelengkapan barang atau ketersediaan barang di beberapa toko yang dikunjungi. Jangan sampai tertuju hanya pada satu toko saja.

6. Menawar Harga Barang yang Ingin Dibeli
Harga barang di Pasar ini memang terbilang murah dan dijual grosiran. Namun, Anda masih bisa menawar harga lebih murah lagi. Anda juga patut menanyakan kepada si penjual apakah barang yang Anda incar bisa dibeli satuan atau hanya bisa dibeli minimal tiga barang saja. Karena ada sebagian toko yang hanya memperbolehkan membeli minimal tiga barang untuk satu jenis. Namun ada juga yang memperbolehkan membeli satuan.


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(rma/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com