Sabtu, 11/02/2012 11:44 WIB

8 Makanan yang Baik untuk Rambut

Devina Nuryani - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Apakah ada makanan yang dapat mencegah kerontokan, kerusakan dan menjamin pertumbuhan rambut yang maksimal? Inilah beberapa makanan yang baik untuk membantu rambut Anda terlihat lebih indah dan sehat. Seperti yang dikutip dari Allwomenstalk, berikut 8 makanan yang baik untuk rambut:

1. Biji-bijian
Biji-bijian adalah makanan ajaib. Semua biji kaya akan protein, seng, biotin dan besi yang membuat mereka menjadi salah satu makanan terbaik bagi pertumbuhan rambut Anda. Jadi semakin banyak Anda makan biji-bijian, rambut Anda akan terlihat lebih baik.

2. Ikan
Ikan kaya akan asam lemak Omega 3 sehingga masuk dalam daftar makanan yang baik untuk rambut. Asam lemak ini baik dan harus jadi bagian dari diet Anda, bukan hanya karena alasan kesehatan tetapi karena mereka akan membantu menyehatkan kondisi rambut Anda pada bagian dalam dan luar.

3. Telur dan susu
Tubuh Anda membutuhkan banyak protein untuk tetap sehat, begitu juga dengan rambut. Telur memang kaya akan protein, tetapi untuk Anda yang tidak menyukainya, minumlah produk susu rendah lemak karena mereka juga kaya akan protein dan membantu rambut Anda mendapatkan kembali kekuatan dan elastisitasnya.

4. Kacang
Selanjutnya makanan yang sehat untuk rambut adalah kacang-kacangan yang tidak hanya mengandung lemak yang baik untuk tubuh, tetapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga mencegah rambut menjadi tipis. Jadi nikmatilah sebagian kacang-kacangan favorit Anda sesekali untuk membantu rambut Anda mendapatkan dosis yang dibutuhkan seperti seng dan selenium untuk mencegah kerontokan rambut prematur.

5. Wortel
Untuk mencegah kerusakan kulit kepala yang tidak menyenangkan atau gatal-gatal yang datang bersama dengan ketombe, Anda juga perlu untuk makan makanan yang dapat membantu menjaga keseimbangan alami kulit kepala. Di sinilah Anda membutuhkan wortel. Wortel sangat kaya akan vitamin A yang mampu melakukan keajaiban untuk rambut dan kulit kepala Anda.

6. Sayuran hijau gelap
Sayuran berwarna hijau gelap adalah sumber besar lainnya dari vitamin A dan C, jadi nikmatilah salad, bayam atau brokoli untuk rambut bebas dari ketombe, dan membuatnya lebih mengkilat.

7. Kerang
Makanan lezat ini tidak hanya untuk sebagai zat perangsang nafsu yang kuat tetapi juga salah satu makanan terbaik untuk rambut. Yang membuat kerang menjadi sangat istimewa adalah karena kaya akan seng dan antioksidan yang membuat rambut Anda menjadi lebih kuat.

8. Pisang dan kismis
Pisang membantu menambah asupan vitamin B6 untuk tubuh Anda dan kismis juga mengandung banyak besi. Vitamin B akan menjaga rambut Anda sehat dan besi akan memastikan banyak oksigen yang diangkut ke kulit kepala Anda, sehingga dapat mencegah rambut rontok dan menjamin pertumbuhan yang baik untuk rambut Anda.

(eny/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com