Selasa, 24/01/2012 07:19 WIB

8 Cara Agar Semangat & Tetap Fokus Setelah Liburan

Eya Ekasari - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Memulai hari dengan penuh semangat setelah liburan panjang tentu bukan hal mudah. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat bangun tidur agar Anda dapat fokus serta berkonstrasi penuh. Seperti yang dikutip dari allwomanstalk, berikut delapan cara tersebut.

1. Sarapan
Melewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.

2. Hindari Kafein
Saat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasi tubuh dan meningkatkan sistem imun.

3. Olahraga
Anda tidak perlu pergi ke tempat kebugaran atau jogging berkeliling komplek. Dalam keadaan 'malas', melakukan peregangan ringan atau berlari-lari kecil di tangga rumah tampaknya merupakan pilihan yang masuk akal. Menggerakan tubuh setelah bangun tidur dapat bantu mempompa darah, meningkatkan metabolisme serta konsentrasi.

4. Tarik Napas Dalam
Ketika Anda bangun tidur, cobalah untuk menghirup napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan. Ini adalah cara mudah untuk merilekskan pikiran Anda, dan juga bermanfaat untuk hindari stres serta rasa cemas yang berlebihan.

5. Lingkungan yang Tenang
Jika kamar tidur Anda berantakan dan penuh tumpukan baju kotor atau sampah, maka kemungkinan besar pikiran Anda akan merasakan hal yang sama. Cobalah untuk membersihkan kamar tidur dan selalu menjaga kebersihannya. Hal sederhana ini akan memungkinkan otak Anda lebih mudah untuk berkonstrasi.

6. Warna Kamar Tidur
Jelas bahwa lingkungan akan mempengaruhi suasana hati dan proses pada otak seseorang. Pikirkan kembali mengenai dekorasi kamar tidur, pilih warna yang mampu bangkitkan semangat Anda setiap kali bangun tidur.

7. Jauhkan Alarm Anda
Untuk menghindari Anda menekan tombol 'snooze' pada jam, ada baiknya jika manaruh alarm di tempat yang agak jauh agar Anda 'terpaksa' melakukan gerakan atau peregangan saat akan mematikannya. Dengan begitu Anda pun akan cepat terbangun.

8. Postur Tubuh yang Baik
Menjaga agar postur tubuh yang tepat sangat penting untuk menjaga agar aliran darah lancar dan bantu memuali hari dengan efektif. Berjalan dengan tegap akan bantu redakan ketegangan dan buat Anda berpikir lebih jernih.

Selamat mencoba!

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eya/eya)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot