Selasa, 03/01/2012 09:07 WIB

Liburan ala Mongolia di The Highland Park Resort Hotel Bogor

Hestianingsih - wolipop
Liburan ala Mongolia di The Highland Park Resort Hotel Bogor Dok. Highland Park Resort Hotel
Jakarta - Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar Mongolia? Mungkin yang langsung terlintas adalah dataran gurun dan lahan perkemahan luas dengan tenda-tenda putih sebagai tempat tinggal para suku Mongol yang hidup nomaden (berpindah-pindah).

Selain memang menjadi tempat tinggal, tenda-tenda milik suku Mongol ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis asing yang berkunjung ke negara yang berbatasan dengan Rusia dan China ini. Nah, pemandangan serupa pun bisa Anda temui di Indonesia.

Sebuah tempat bernama The Highland Park Resort-Hotel di Bogor, mengadaptasi perkemahan di Mongolia menjadi penginapan berkonsep hotel bintang lima. Memasuki area ini, Anda akan disuguhi puluhan tenda putih dengan latar belakang pemandangan Gunung Salak yang indah, membuat decak kagum siapapun yang melihatnya. Lokasi hotel ini memang terletak persis di selatan Gunung Salak.

Ide untuk membangun hotel berkonsep unik ini datang dari Daud Ibrahim, seorang pengusaha. Inspirasi untuk membangun Highland Park Resort datang setelah ia pulang dari Mongolia. Mengingat belum ada pengembang yang membuat konsep serupa, lahan seluas 12 hektar pun disulapnya menjadi penginapan yang kini sukses menarik banyak pengunjung.

"Mongolian Camp yang asli di dalamnya sangat sederhana, tapi jadi objek wisata tersendiri di sana. Di sini, kita hanya mengadaptasi bentuk tendanya, tapi di dalamnya sudah seperti hotel. Berlantai marmer, dengan konstruksi yang kuat dan ditutup vinyl. Kami menyebutnya Five Star Mongolian Camp," jelas Sales Executive The Highland Park Resort, R. Yogi Arieffiandi saat ditemui Wolipop.

Memasuki camp, memang langsung terasa suasana eksotis khas Mongolia. Di dalamnya terdapat tirai yang ditata sedemikian rupa hingga menyerupai tenda ala Raja Mongol. Sementara di langit-langitnya terpasang lampu dengan hiasan lampion, menciptakan nuansa yang sedikit temaram.

Setiap kamar dilengkapi dengan king size bed, dua sofa (bisa diganti extra bed), beberapa laci meja, gantungan serta rak untuk baju. Melangkah lebih dalam, terdapat toilet, wastafel dan kamar mandi. Camp juga dilengkapi fasilitas TV dengan layar LCD 32 inci. Nuansa Mongolia semakin terasa dengan ratusan lampion yang mengitari hampir seluruh area camp. Saat malam, lampion akan menyala dan Anda akan melihat pemandangan cantik di senja menjelang petang.

The Highland Park Resort memiliki total 35 camp yang terdiri dari 27 standard camp, 4 deluxe camp, 2 barrack camp dan 2 meeting camp yang bisa menampung hingga 70 orang. Untuk deluxe camp, interiornya lebih besar dibandingkan standard camp dengan dekorasi yang lebih cantik serta dilengkapi kelambu pada tempat tidurnya. Sedangkan barrack camp bentuknya memanjang dengan panjang 10 meter dan lebar kira-kira 5 meter.

Selain camp, resor ini juga memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa. Terdapat mini waterboom dengan papan seluncur dan air mancur mini, arena outbound, flying fox, high ropes dan paintball. Bagi penyuka olahraga, tempat ini juga menyediakan arena futsal dengan biaya Rp 100 ribu per jam. Resor ini juga memiliki jasa provider untuk outbound, dengan biaya Rp 200 - 250 ribu per orang.

Jika bosan di area camp, Anda bisa berkeliling di seputar taman bunga krisan dan anthurium menggunakan horse riding. Tersedia empat kuda yang akan mengajak Anda mengitari area perkebunan di hotel yang baru satu tahun lalu dibuka ini. Untuk menikmati fasilitas horse riding, dikenakan biaya Rp 30 ribu satu kali putaran.

Masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda lakukan selama liburan di sini, salah satunya mengadakan pesta barbeque lengkap dengan peralatan dan paket yang diinginkan. Anda bisa menikmati ragam menu barbeque, dengan biaya Rp 100 ribu - 150 ribu per orang. Tidak perlu khawatir dengan cuaca di Bogor yang curah hujannya tinggi, karena disediakan tenda yang bisa Anda gunakan saat hujan turun.

Tak ingin meninggalkan nuansa Tanah Jawa, di sejumlah spot pun dibangun beberapa saung khas Sunda. Sehingga selain nuansa eksotis khas Mongol, para pengunjung juga tetap bisa menikmati suasana tradisional Indonesia.

"Karena letaknya di Bogor, kami ingin menghadirkan nuansa Sunda. Jadi dibangunlah saung-saung, belum terlalu lama juga dibuatnya. Nantinya juga akan ada ballroom, wedding chapel, villa dan tambahan hotel karena permintaan yang cukup tinggi," tutur Yogi.

Untuk biaya menginap di sini, dikenakan Rp 2 juta (tenda standar) dan Rp 2,5 juta (tenda deluxe) per malam. The Highland Park Resort beralamat di Jl. Ciapus - Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Sukajadi Kecamatan Tamansari, Bogor.


(hst/hst)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com