Sabtu, 17/12/2011 13:05 WIB

5 Makanan Untuk Mencegah Jerawat

Mega Agnesty Anjasmoro - wolipop

img
ist.
Jakarta - Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda, termasuk masalah jerawat. Jerawat terjadi karena kelebihan produksi kelenjar minyak sehingga mengakibatkan penyumbatan. Apabila sumbatan membesar dan terjadi interaksi dengan bakteri, itulah yang memicu munculnya jerawat.

Jerawat sebenarnya bisa dicegah, salah satunya dengan rajin mengonsumsi jenis makanan tertentu. Dr. Elliott Weiss, M.D, seorang dokter kulit dari Laser & Skin Surgery Center of New York juga mengatakan, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan jika tak mau wajah berjerawat.

"Hindari makanan lezat, makanan manis, susu dalam jumlah yang cukup besar dan biji-bijian olahan. Ini akan menyehatkan kulit Anda. Selanjutnya, makanlah makanan yang baik untuk kulit, yang mengandung cukup banyak vitamin dan mineral. Kedua zat ini mampu membuat kulit Anda sehat dan cantik dari dalam," urainya.

Berikut ini makanan yang dapat mencegah jerawat, seperti dijelaskan Dr. Elliott dan dikutip Total Beauty:

1. Sayuran

Sayuran yang mengandung banyak air seperti mentimun, bagus untuk mencegah jerawat. Air bermanfaat untuk mengeluarkan penyumbatan pada pori-pori maupun berfungsi sebagai detoks. Selain itu, mentimun memberikan sensasi dingin sehingga efektif dalam menenangkan peradangan yang terkait dengan jerawat. Sayuran yang sarat vitamin A juga baik untuk detoksifikasi secara keseluruhan, baik untuk kulit maupun tubuh. Ada juga bisa mengkonsumsi kentang maupun ubi jalar untuk mencegah munculnya jerawat.

2. Tiram

Selain dikenal meningkatkan daya tarik seksual, ternyata tiram juga ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat. Tiram mengandung zinc cukup tinggi, yang berfungsi mengatur pelepasan hormon testosterone, si penyebab jerawat. Zinc juga membantu penyerapan vitamin A, yang bagus untuk kulit. Cara menikmati tiram yang terbaik, adalah dengan memakannya mentah-mentah, tentunya setelah sebelumnya dicuci bersih.

3. Yogurt

Konsumsi susu yang berlebihan memang dapat memicu tibulnya jerawat, namun tidak begitu dengan yogurt. Yogurt mampu mencegah munculnya bakteri jahat yang dapat menyebabkan jerawat dari dalam tubuh Anda. Ada baiknya Anda memasukkan yogurt dalam menu harian. Cobalah minum smoothies yang terbuat dari yogurt, blueberry dan pisang, yang kaya antioksidan dan kalium di pagi hari. Atau cobalah campuran yogurt, strawberry dan madu sebagai minuman penutup di malam hari Anda.

4. Dark Chocolate

Makanan manis sangat tidak baik bagi kulit Anda. Gantilah permen Anda dengan dark chocolate, akan lebih baik lagi jika dark chocolate tersebut dicampur dengan almon, kismis, maupun buah-buahan kering lainnya. Coklat mengandung anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga bagus untuk kulit.

5. Air Putih

Minum air putih secukupnya dan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, sangat bagus untuk kulit Anda. Air menjauhkan kulit Anda dari kekeringan, berfungsi sebagai detoks sekaligus mencegah timbulnya jerawat. Jika Anda bosan dengan air putih biasa, coba tambahkan beberapa tetes lemon atau jeruk untuk membuat variasi rasa dan aroma air putih Anda.

(eny/eny)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


info sale