Q&A
Kirim Pertanyaan dengan ID : Facebook facebook twit Twitter anim Anonymous
konsultan
Konsultasi Seks bersama:
Dr. Vanda Mustika

Senin, 05/12/2011 12:45 WIB

Keluar Lendir Berlebih dari Miss V, Normalkah?

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Saya mau bertanya dok. Kenapa ya selalu keluar lendir warna bening dari Mis. V saya? Cairan itu selalu keluar pada waktu beberapa hari setelah selesai menstruasi dan sampai beberapa hari dengan jumlah yang agak banyak. Apakah itu kelainan atau ada penyakitnya? Terimakasih atas jawabannya.


(Putri, 24 tahun)

Jawab:

Semua cairan yang keluar dari vagina sering disebut dengan keputihan. Namun keputihan itu ada yang merupakan penyakit dan ada yang normal. Keputihan yang sifatnya penyakit ditandai dengan keputihan yang berwarna putih susu, kuning atau kehijauan, berbau busuk atau amis,dan menimbulkan rasa gatal. Keputihan dengan sifat di atas terjadi akibat infeksi baik disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun parasit. Keputihan ini harus diatasi sesuai dengan penyebabnya, sehingga perlu dilakukan analisis cairan keputihan di laboratorium untuk mengetahui penyebab pasti keputihan.

Keputihan lain yang bukan proses normal namun tidak ada keterlibatan bakteri atau parasit, adalah keputihan karena alergi atau tidak cocok bahan pakaian dalam (celana dalam). Alergi ini dapat disebabkan alergi bahan pembalut atau pantyline ataupun bahan pakaian dalam sintetik yang dapat menimbulkan alergi. Keputihan jenis ini biasanya banyak, namun tidak berwarna dan menimbulkan rasa gatal, biasanya berhenti dengan sendirinya bila penggunaan bahan-bahan yang menimbulkan alergi/iritasi dihentikan.

Salah satu bentuk keputihan adalah keputihan yang fisiologis, artinya keputihan yang normal, keputihan ini timbul misalnya mendekati menstruasi, setelah menstruasi atau pada saat ovulasi (keluarnya telur dari indung telur), atau saat timbul rangsangan seksual. Keputihan ini biasanya bening, bisa banyak atau sedikit, namun tidak menimbulkan rasa gatal. Keputihan ini tidak perlu diobati, hanya perlu menjaga higienis sekitar alat kelamin agar tidak memancing datangnya kuman akibat kelembaban berlebih. Sepertinya yang Anda alami adalah keputihan yang masih normal (fisiologis) sehingga tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu lebih sering mengganti pakaian dalam lebih sering pada saat keputihan dan gunakanlah bahan pakaian dalam dari katun, jangan dari bahan sintetis, bila memang sangat berlebihan dan membuat tidak nyaman, anda dapat menggunakan pembalut tipis atau pantyline.


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(hst/hst)



Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Konsultan

Konsultasi Diet & Fitness

Bersama :

Dr. Phaidon Toruan

Konsultasi Cinta

Bersama :

Ratih Ibrahim

Konsultasi Seks

Bersama :

Dr. Vanda Mustika

Konsultasi Tarot

Bersama :

Rani Dharma

Konsultasi Hijab

Bersama :

Dian Pelangi