Rabu, 16/11/2011 09:42 WIB

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Merry Wahyuningsih - wolipop

img
dok. Thinkstock
Jakarta - Bagi sebagian orang, makan sehat dan berolahraga tampak seperti tugas berat sehingga sulit untuk melakukannya. Anda termasuk? Ada beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membantu menjaga berat badan agar tak kegemukan meski Anda tak menyukai olahraga dan makanan sehat.

Berikut beberapa kebiasaan tersebut seperti dilansir detikhealth dari Livestrong:

1. Jangan tinggalkan sarapan
Menurut Mayo Clinic, melewatkan sarapan pagi menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak dan membuat orang lebih mungkin untuk makan berlebihan di tengah hari karena merasa begitu lapar. Biasakanlah sarapan untuk menyimpan sedikit lemak dan memberi energi agar menjadi lebih aktif sepanjang hari.

2. Mengurangi porsi dan makan secara perlahan
Bila Anda tetap ingin menikmati makanan kesukaan, maka kurangilah porsinya dan makan secara perlahan setiap kali makan. Mengunyah makanan secara perlahan akan membuat Anda memiliki waktu agar perut mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan rasa kenyang. Hal ini akan membantu menurunkan asupan kalori secara keseluruhan, tidak peduli apa jenis makanan yang Anda makan.

3. Membuat makanan sendiri
Menurut BBC, makanan olahan dan cepat saji jauh lebih tinggi kandungan lemak, gula dan natrium (garam) dibandingkan non makanan olahan. Cobalah membuat makanan sendiri yang Anda sukai dengan menurunkan kandungan gula, lemak dan garam. Dengan membuat makanan sendiri pelan-pelan Anda mulai berusaha untuk mengurangi lemak, gula dan garam.

4. Mengembangkan gaya hidup aktif
Anda tidak harus menghabiskan berjam-jam di gym dan treadmill untuk melakukan olahraga. Cobalah berjalan cepat ketika Anda pergi ke mal untuk berbelanja. Memainkan permainan energik dengan anjing peliharaan atau pergi bermain ke pantai juga bisa membakar kalori. Cari klub dengan musik yang Anda sukai dan pergi menari. Pilih aktivitas yang benar-benar Anda sukai, yang akan membuat Anda tanpa sadar dapat membakar kalori.

(eny/kik)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com