Selasa, 13/09/2011 09:05 WIB

Patuhi 8 Aturan Ini Saat Olahraga di Gym

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Anda member baru di klub fitnes? Berarti perlu tahu aturan saat berolahraga di gym. Meskipun sifatnya tidak resmi, beberapa etiket ini wajib diikuti agar Anda maupun orang lain sama-sama nyaman saat berada di area gym.

Apa saja aturan yang harus ditaati? Simak jawabannya berikut ini, seperti dikutip dari Times of India.

1. Hindari Busana Casual
Saat memasuki arena gym, kenakanlah pakaian khusus olahraga. Berbusana casual atau kantor, akan membuat Anda terlihat asing dan membuat pengunjung lain keheranan. Jika memang harus berolahraga setelah hang out bersama teman atau usai jam pulang kantor, pergilah ke toilet dulu dan ganti pakaian Anda. Selalu kenakan sepatu untuk olahraga, bukan flats, sandal atau bertelanjang kaki.

2. Mematuhi Durasi yang Ditentukan
Ada alasannya kenapa tempat fitnes selalu membatasi waktu bagi pengunjungnya untuk menggunakan alat-alat fitnes. Anda menggunakan fasilitas umum, dan untuk itu, Anda pun harus menggunakannya secara bergantian. Jika instruktur atau staf menentukan treadmill hanya boleh digunakan satu jam saja, maka Anda harus berhenti ketika waktunya telah habis. Setelah selesai, jangan meninggalkan handuk atau minuman di dekat layar meteran karena akan membuat pengunjung lain berpikir alat itu masih digunakan. Membiarkan orang menunggu lama untuk bergantian olahraga, tentunya bukan etiket yang baik di tempat fitnes.

3. Gunakan Peralatan Fitnes dengan Baik
Ketika sedang angkat beban, baik itu menggunakan dumb bell, barbel atau piringan besi, usahakan jangan menghantamkannya ke lantai dengan alasan apapun. Pengunjung fitnes yang lain akan merasa terganggu dengan suara berisik dari alat yang Anda jatuhkan. Jika kira-kira tidak kuat lagi mengangkatnya, minta instruktur untuk membantu Anda. Percayalah, orang lain tidak mau tahu berapa kilogram beban yang berhasil Anda angkat.

4. Kembalikan Alat Fitnes di Tempat Semula
Jangan pernah meninggalkan dumbbell tergeletak di lantai setelah Anda selesai menggunakannya. Seseorang bisa saja tersandung alat tersebut. Taruhlah alat-alat fitnes di tempatnya semula. Jika Anda menggunakan treadmill atau sepeda statis, matikan parameter di layar setelah menggunakannya.

5. Hindari Mengobrol Terlalu Banyak
Hargailah privasi orang lain. Orang yang datang ke gym, pastinya ingin berolahraga, bukan mengobrol panjang lebar. Boleh saja menyapa atau sedikit berbasa-basi dengan sesama pengunjung. Tapi jangan sampai kelewatan. Beberapa orang suka mendengarkan musik dengan headphone saat olahraga. Itu sebuah tanda jelas, kalau dia tidak ingin diajak bicara. Bukan berarti sombong, tapi dia hanya ingin konsentrasi berolahraga. Selain jangan banyak mengobrol, hindari juga memandangi orang atau menyanyi keras-keras dengan iPod Anda.

6. Selalu Pakai Deodoran
Saat berolahraga, kita pasti akan berkeringat dan keringat biasanya menimbulkan aroma yang kurang sedap. Untuk itu, memakai deodoran sebelum berolahraga perlu dilakukan agar orang tidak terganggu dengan aroma tubuh kita. Bayangkan bila Anda berada di dekat seseorang yang bau badan, pasti rasanya juga tidak nyaman bukan?

7. Rencanakan Program Olahraga Sendiri
Jangan datang ke tempat gym dan memilih peralatan olahraga secara acak. Rencanakan dulu apa yang akan Anda lakukan di tempat gym nanti. Ketahui olahraga jenis apa yang sedang Anda butuhkan, lalu minta instruktur fitnes untuk membantu. Datang ke tempat fitnes tanpa perencanaan, akan menyulitkan Anda mendapatkan hasil olahraga yang optimal.

8. Simpan Tas Gym di Dalam Loker
Loker ada untuk digunakan. Jadi, pergunakanlah fasilitas loker untuk menyimpan tas gym Anda. Jangan membawa-bawa tas ke area gym. Selain akan membuat Anda kerepotan beraktivitas, juga bisa mengganggu orang lain. COba pikirkan, di mana Anda akan menaruh tas saat aerobik atau angkat beban? Risiko kehilangan barang berharga juga lebih besar jika Anda tidak menyimpannya dalam loker.

(hst/hst)


Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


info sale