Kamis, 01/09/2011 07:25 WIB

Cara Membersihkan Kaftan Sesuai Bahan

Eya Ekasari - wolipop

img
Kaftan: Studio 133 Biyan Foto: Robby Agus
Jakarta - Belakangan ini, busana muslim jenis kaftan kembali menjadi tren. Kaftan biasanya terbuat dari bahan yang ringan melambai seperti sifon, sutera dan satin. Namun ada beberapa kaftan yang juga terbuat dari bahan nyaman seperti katun. Sayangnya mencuci kaftan tidak semudah yang dipikirkan. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut cara membersihkan kaftan sesuai bahannya.

1. Kaftan Sifon
Kaftan dengan bahan ini sebaiknya tidak dicuci dengan air hangat, karena bisa menyusut. Oleh karena itu cuci sifon dengan suhu ideal 40 derajat Celcius dan menggunakan deterjen lembut khusus untuk pakaian bayi.

Saat mencuci di mesin cuci, jangan campur sifon dengan bahan lain, karena bisa membuatnya rusak. Mencuci terlalu lama juga bisa membuat warna sifon cepat pudar. Begitu juga pada saat pengeringan, jika Anda mengeringkan kaftan dengan mesin pengering, usahakan tidak terlalu lama. Mengeringkan dengan cara diangin-anginkan merupakan pilihan tepat.

2. Kaftan Satin
Sama seperti bahan sifon, kaftan berbahan satin juga sebaiknya dicuci menggunakan air dingin dan deterjen lembut. Hindari memeras satin untuk menghindari kerusakan serat-serat halus.

Sebelum dicuci, sebaiknya rendam kaftan terlebih dulu selama lima menit. Merendam bisa membantu deterjen untuk bekerja secara maksimal saat menghilangkan noda. Setelah selesai pencucian, bilas selama tiga sampai empat kali untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen. Lalu jemur kaftan satin untuk mengeringkannya.

3. Kaftan Katun
Mencuci bahan katun tentu bukan perkara sulit. Namun kaftan biasanya dilengkapi oleh berbagai detail pada bagian leher, dada serta pergelangan tangan. Mencuci kaftan berdetail manik-manik, bebatuan atau sequin perlu sangat hati-hati. Jika tidak detail tersebut bisa saja rusak.

Sebelum mencuci, sebaiknya perhatikan dengan teliti noda yang menempel pada kaftan katun Anda. Cara terbaik untuk menghilangkan noda adalah dengan menggunakan pembersih khusus noda pakaian. Biasanya pembersih khusus ini menyediakan aplikator berujung kecil untuk membersihkan noda yang terletak pada bagian sulit. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan noda yang tidak bisa dihapus dengan cara pencucian normal.

Agar terhindar dari hal tersebut, cucilah kaftan dengan tangan. Kucek secara perlahan bagian kaftan yang tidak berdetail. Anda bisa menggunakan sikat gigi berbulu lembut utuk membersihkan area bermanik-manik. Untuk pakaian putih dan berwarna terang, gunakan air hangat. Sedangkan untuk busana yang berwarna lebih gelap selalu pilih air dingin karena air panas dapat menyebabkan warna pudar.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(eya/fta)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot