Kamis, 25/08/2011 09:40 WIB

Tips Menata Rumah Jelang Lebaran

Hestianingsih - wolipop
Tips Menata Rumah Jelang Lebaran Dok. Thinkstock
Jakarta - Selain shalat Ied, bersilaturahmi ke rumah sanak saudara dan teman jadi salah satu kegiatan yang paling diutamakan pada hari raya Idul Fitri. Anda tentunya ingin menampilkan suasana rumah yang nyaman dan hangat saat para tamu bertandang.

Untuk itu, persiapkanlah segala sesuatunya, mulai dari kebersihan, kerapihan dan dekorasi rumah. Ini dia tips mempersiapkan rumah Anda menjelang Lebaran.

1. Halaman dan Teras yang Bersih
Halaman atau teras adalah hal pertama dari rumah Anda yang diperhatikan para tamu. Gunting daun-daun tanaman yang layu dan menguning, potong rumput yang tumbuh panjang dan bersihkan pot-pot yang mulai lusuh. Jangan lupa menyapu dan mengepel lantai teras, serta merapikan kursi-meja agar terlihat bersih juga terawat.

2. Dekorasi Rumah
Tirai atau taplak rumah Anda jangan sampai luput dari kegiatan bersih-bersih. Ganti tirai lama dengan yang bersih untuk membuat suasana rumah lebih cerah. Selain itu, pastikan alas meja yang digunakan bersih dari noda. Usahakan menggunakan warna senada untuk tirai dan taplak agar tampilan rumah lebih 'mengundang' tamu untuk masuk. Anda bisa memilih warna-warna hangat untuk menciptakan kesan ruangan lebih akrab, dan pastikan alas meja tidak kusut. Jika punya bujet lebih, bisa juga melengkapi sofa dengan bantal-bantal hias untuk kesan lebih semarak.

3. Bersihkan Debu pada Karpet dan Sofa
Karpet yang penuh debu hanya akan membuat tamu-tamu Anda tak nyaman. Apalagi sofa yang kotor dan banyak terkena noda. Bersihkan debu karpet dengan alat penyedot debu dan jemur sebentar di bawah sinar matahari untuk menghilangkan serangga-serangga kecil yang mengganggu. Untuk sofa, jika tidak sempat memanggil tukang pembersih sofa, maka bersihkan seperlunya dengan lap lembab. Jika banyak noda yang tidak bisa hilang, tutupi sofa dengan kain cantik bernuansa etnik.

4. Jaga Kebersihan Tiap Ruangan
Walaupun pembantu sedang tidak ada, bukan berarti lantai absen dari pel dan sapu. Pastikan Anda tetap membersihkan lantai setiap hari. Apalagi jika tamu akan membuka alas kaki ketika masuk ke rumah. Untuk tetap menjaga kebersihan ruangan, jangan lupa sediakan keset di depan pintu dan tempat sampah yang cukup terlihat pada beberapa lokasi strategis. Setelah perangkat besar bersih, jangan lupa singkirkan debu dari permukaan pajangan, TV, keramik, kulkas, lemari, komputer dan kasa-kasa jendela.

5. Atur Ulang Penataan Rumah
Menerima tamu, apalagi dalam jumlah besar seringkali memerlukan penataan yang berbeda di dalam rumah. Atur kursi-kursi dan meja sehingga para tamu bisa nyaman bergerak. Letakkan beberapa meja kecil untuk kudapan yang bisa diisi dengan kue-kue kering atau permen. Perkirakan jumlah tamu yang datang berbarengan. Jika jumlah kursi tidak mencukupi, siapkan setting ruangan dengan gaya lesehan. Sekali lagi, pastikan karpet yang digunakan sudah bebas debu.

6. Siapkan Kue dan Permen dalam Toples
Tempatkan kue-kue kering dalam toples cantik. Akan lebih menarik jika ukuran toples tidak terlalu besar. Pilih toples yang mungil saja, tapi jumlahnya cukup banyak untuk ditaruh di atas meja. Isi tiap toples dengan jenis kue yang berbeda untuk menarik tamu mencobanya. Sebagai variasi, tempatkan juga permen dan cokelat dengan bungkus warna-warni. Anak-anak dari kerabat atau teman Anda pasti akan suka.

7. Sediakan Peralatan Makan Lebih Banyak
Seringkali kita mengajak tamu untuk mencoba masakan khas Lebaran seperti sayur labu, ketupat, sambal goreng hati atau opor ayam. Penggunaan peralatan makan di hari Lebaran pasti lebih banyak dan sering. Jadi agar tidak terlalu repot selalu mencuci, sediakan peralatan makan bersih lebih banyak dari biasanya. Anda bisa mengeluarkan stok piring, gelas, sendok dan garpu yang jarang terpakai dari lemari. Tapi jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dulu.

8. Siapkan Tempat untuk Shalat
Mungkin ada beberapa tamu yang datang di siang hari dan ingin Salat Dzuhur atau Ashar di rumah Anda. Siapkanlah tempat khusus untuk shalat. Jika rumah Anda dilengkapi dengan ruangan kecil untuk shalat, tidak perlu repot-repot menyiapkannya. Tapi jika tidak, Anda bisa menggunakan kamar salah satu anggota keluarga --bukan kamar utama. Rapihkan tempat tidur, karpet, meja rias (jika ada) serta perabotan lain di dalamnya. Sediakan beberapa sajadah, sarung dan mukena bersih.

9. Bunga dan Pengharum Ruangan
Meletakkan bunga segar dalam ruangan akan membuat rumah Anda lebih wangi dan menyegarkan. Pilih bunga-bunga yang menyebarkan harum menyenangkan seperti sedap malam, anyelir, krisan, aster, atau letakkan melati dalam jumlah banyak dalam satu mangkuk cantik. Jika tidak sempat membeli bunga, Anda bisa menyemprotkan pengharum untuk menyegarkan ruangan.

(hst/eny)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com