Senin, 22/08/2011 09:09 WIB

Tips Memilih Warna Cat untuk Ruang Tamu

Hestianingsih - wolipop
Tips Memilih Warna Cat untuk Ruang Tamu Dok. Thinkstock
Jakarta - Warna yang diaplikasikan pada dinding tidak sekadar memperindah tampilan ruang tamu, tetapi juga memberikan kesan tertentu. Jika Anda berencana mengubah warna interior rumah, khususnya ruang tamu, maka sebaiknya perhatikan dulu efek yang dihasilkan dari penggunaan warna tertentu.

Ada dua kelompok warna; hangat dan dingin. Setiap kelompok bisa memberi efek ruang lebih besar atau lebih kecil, juga menghadirkan nuansa yang berbeda. Pilihlah warna sesuai kebutuhan Anda, atau sesuai imej dan mood yang ingin dibentuk dalam sebuah ruangan. Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Helium.

Warna Hangat Ciptakan Keakraban

Warna-warna hangat menciptakan efek nyaman dan lebih intim. Kelompok warna seperti oranye, peach, kuning, coral dan coklat membantu menciptakan nuansa lebih kecil dan teduh pada ruangan yang luas. Warna hangat bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menghadirkan suasana santai dan akrab.

Warna Dingin Memberi Efek Luas

Jika ruang tamu Anda kecil tapi ingin terlihat lebih luas, gunakan cat dinding dengan warna-warna dingin. Baby blue, hijau atau ungu membesarkan dimensi ruangan dan jarak pada lantai. Pilih warna biru langit jika Anda ingin memperluas ruang tamu yang sempit. Selain itu, dinding yang dicat warna pastel muda yang tidak terlalu intens membuat ruangan jadi terasa lebih lebar.

Kombinasi Warna Hangat dan Dingin

Ciptakan kesan ruangan yang unik dan modern dengan kombinasi dari warna hangat dan dingin. Trik ini cocok diterapkan pada ruang tamu yang kecil, sedang maupun luas. Cat dinding Anda dengan warna biru muda, lalu beri aksen garis atau motif-motif lain dengan warna peach untuk memunculkan kesan modern dan atraktif. Anda juga bisa menerapkan cara sebaliknya; warna hangat sebagai latar belakang, dan dingin sebagai aksen.

Sementara kombinasi warna krem dan biru langit adalah salah satu kombinasi warna yang baik. Ruangan tersebut akan terlihat lebih terbuka dan memiliki udara yang baik sehingga memaksimalkan efek cahaya natural.

Hanya saja, perhatikan permainan bentuk dan motif yang akan diaplikasikan. Jika ruangan Anda kecil, aksen seperti garis atau bulatan sebaiknya jangan terlalu besar dan memenuhi dinding, karena akan terlihat sempit. Pada ruang yang lebih luas, Anda bisa sedikit bereksplorasi dengan permainan warna. Usahakan penerapannya seimbang dengan perabotan atau hiasan dinding yang ditempatkan di ruang tamu.

Misalnya, jika sudah cukup banyak pajangan atau furnitur, jangan terlalu banyak mengaplikasikan motif atau aksen pada dinding. Selain aksennya tidak terlalu terlihat karena tertutup perabotan, ruangan juga terkesan kurang rapi dan elegan. Jika ingin menambahkan wallpaper, pilih warna senada dengan warna dinding yang dominan.

(hst/eny)




Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com